Pemerintah Dorong Program Penanaman Mangrove Tingkatkan Pemulihan Ekonomi

Jumat, 23 Oktober 2020 10:03 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pemerintah Dorong Program Penanaman Mangrove Tingkatkan Pemulihan Ekonomi Luhut Panjaitan. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Pemerintah Indonesia mendorong upaya penanaman mangrove di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Setidaknya Brebes memiliki 140 hektar kawasan yang bisa ditanami mangrove.

"Di sini Bupati Brebes punya 140 hektar, bisa dibayangkan potensi di Brebes punya 140 ribu Ha," kata Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Luhut Binsar Pandjaitan kepada wartawan, Jakarta, Jumat (23/10).

Luhut mengatakan dibutuhkan konsistensi untuk menyukseskan program PEN mangrove ini. Jika nantinya mangrove tumbuh, ini akan menjadi ekosistem ikan dan kepiting. Maka untuk pemeliharaannya bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

Hasil Rapat Koordinasi Pengelolaan Ekosistem Mangrove telah disepakati usulan program PEN tahun 2021 dari KLHK. Program PEN dilakukan dalam bentuk kegiatan penanaman mangrove seluas 46.758 Ha di 34 provinsi.

Selain itu dalam program yang sama, KKP juga akan melakukan penanaman mangrove seluas 1.522,91 Ha. Salah satu wilayah yang dipilih yaitu Kabupaten Brebes. Alasannya, mempertimbangkan faktor pasang surut air laut, fasilitas pengelolaan, dan faktor teknis terkait lainnya.

Baca Selanjutnya: Lahan Mangrove di Indonesia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini