Pemerintah akan wajibkan Indomaret Cs jual barang grosiran ke pedagang warung

Rabu, 4 Oktober 2017 15:59 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Pemerintah akan wajibkan Indomaret Cs jual barang grosiran ke pedagang warung Indomaret. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan akan mewajibkan toko ritel modern menjual barang secara grosir ke warung tradisional. Kewajiban ini telah digodok bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk dituangkan dalam aturan.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan aturan ini untuk membuat warung tradisional berkembang. Sebab, sumber pasokan barang lebih banyak dan harga yang dibayarkan warung tradisional lebih murah.

"Kita sudah bicara misalnya yang sudah ada adalah Indogrosir. Inilah yang coba kami lakukan. Pertama yang punya gerai seperti Alfamart Indomaret, kedua yang besar-besar seperti Hypermart, Carrefour, Hero," ucap Mendag Enggar di Museum Nasional, Jakarta, Rabu (4/10).

Selain itu, bagi produk yang memiliki kekhasan daerah, maka toko ritel modern wajib menampung dan menjualnya tanpa harus menentukan sekian persen tempat dan bebas dari pungutan.

"Saya pun sadar tidak mungkin menekan terus semuanya. Tapi harus ada sekian persen untuk produk UMKM daerah. Dengan begitu kita menyalurkan UMKM itu untuk di gerai modern itu," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini