Menhub Budi Sebut Jalur Selatan Jawa Tetap Jadi Rute Favorit di Mudik Lebaran 2019

Rabu, 29 Mei 2019 11:11 Reporter : Merdeka
Menhub Budi Sebut Jalur Selatan Jawa Tetap Jadi Rute Favorit di Mudik Lebaran 2019 Jalur Nagrek. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut bahwa jalan arteri nasional di jalur selatan Jawa tetap akan menjadi rute alternatif dan favorit pemudik pada saat arus mudik Lebaran 2019.

Dia meyakini hal tersebut meski saat ini Tol Trans Jawa di sisi utara telah tersambung dari Merak sampai Probolinggo sepanjang 965 Km.

"Pasti ini ada perimbangan. Euforia itu pasti akan melalui jalan tol yang sudah ada. Tetapi selatan ini tetap jadi favorit dan alternatif," ungkap dia di Nagreg, Kabupaten Bandung, Rabu (29/5).

Maka dari itu, dia mengajak pemudik agar jangan terlalu berfokus pada ketersediaan jalan tol dan turut memanfaatkan jalur arteri sehingga kepadatan lalu lintas bisa terurai.

"Jadi orang itu jangan menggunakan jalan tol saja. Oleh karenanya kita melihat ini untuk pastikan, jalan selatan bisa berjalan dengan baik," imbuh dia.

Sebagai informasi, Tol Trans Jawa pada musim mudik kali ini siap digunakan sepanjang 965 km. Panjang jalan ini sekitar 82,6 persen dari total panjang tol yang menghubungkan Merak-Banyuwangi sejauh 1.167 km.

Beberapa skema pengaturan lalu lintas pun dipersiapkan demi mengurai kepadatan volume kendaraan di ruas tol tersebut saat arus mudik, yakni contra flow dan sistem satu arah atau one way.

Tak hanya di jalan tol, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Rudy Sufahriadi membuka kemungkinan adanya penerapan sistem one way di jalan arteri jalur selatan.

"Tapi itu situasional, karena tergantung kepadatan lalu lintasnya nanti," ujar dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini