Masih Tersedia 618.530 Tiket Kereta untuk Periode Natal dan Tahun Baru

Senin, 5 Desember 2022 16:29 Reporter : Yunita Amalia
Masih Tersedia 618.530 Tiket Kereta untuk Periode Natal dan Tahun Baru Ilustrasi kereta api. ©Creative Commons/Syaifan Bahtiar Nirwansyah

Merdeka.com - KAI daerah operasi 1 Jakarta menyediakan 745.622 tiket untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hingga Senin (5/12) pemesanan tiket kereta api jarak jauh telah terjual sebanyak 127.092 tiket.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyampaikan jumlah tiket yang akan dijual akan terus ditambah dikarenakan penjualan masih berlangsung secara online.

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih," ujar Eva, Senin (5/12).

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

Eva menyampaikan, berdasarkan data penjualan tertinggi untuk tanggal favorit masyarakat menggunakan kereta api yaitu pada 23 Desember 2022, sebanyak 20.557 tiket telah dipesan untuk keberangkatan pada tanggal tersebut.

Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit penumpang KAJJ seperti diantaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, Kutoarjo, Surabaya, Malang dan Madiun sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung. Pada libur natal dan tahun baru ini, KAI menerapkan masa angkutan selama 18 hari mulai dari tanggal 22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023.

Eva juga mengingatkan, kepada calon penumpang agar memperhatikan kembali ketentuan perjalanan menggunakan KA sesuai dengan aturan pemerintah sebelum membeli tiket agar terhindar dari resiko gagal berangkat karena persyaratan tidak lengkap.

2 dari 2 halaman

Berikut syarat lengkap perjalanan menggunakan KA Jarak Jauh sesuai Surat Edaran 84 Kementerian Perhubungan RI yang berlaku sejak 30 Agustus 2022 :

1. Usia 18 tahun ke atas:
a) Wajib vaksin ketiga (booster)
b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

2. Usia 6-17 tahun:
a) Wajib vaksin kedua
b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

3. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Persyaratan vaksin tersebut saat ini sudah tidak dapat lagi digantikan melalui pemeriksaan PCR atau Antigen. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan diarahkan untuk melakukan pembatalan tiket sesuai aturan normal di loket stasiun.

Baca juga:
Kereta Api Makassar-Parepare Gratis Sampai Akhir Desember 2022
Uji Coba KA Makassar-Parepare, Menhub Budi: Cita-Cita Presiden Buat Trans Sulawesi
Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Ditargetkan Rampung April 2024
DAOP 6 Yogyakarta Siapkan 9 Kereta Api Tambahan Libur Nataru, Ini Daftarnya
Kembali Digunakan sebagai Angkutan Nataru, Ini Fakta Menarik KA Baturraden Ekspress
Aksi Penumpang Ini Kocak, Kereta Terhenti Malah Jajan Tahu Bulat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini