Masih Erupsi, Gunung Bromo Masih Aman Dikunjungi

Senin, 25 Maret 2019 16:33 Reporter : Merdeka
Masih Erupsi, Gunung Bromo Masih Aman Dikunjungi Erupsi Gunung Bromo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kasbani mengatakan, aktivitas vulkanis Gunung Bromo masih berada di level II waspada, meski sedang mengalami erupsi pada beberapa hari belakangan ini.

‎"Bromo sejauh ini aktivitas vulkanik situasinya di level dua," kata Kasbani, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (25/3).

Menurut Kasbani, zona bahaya Gunung Bromo berada di 1 Kilo Meter dari kawah, sehingga di luar jarak itu gunung tersebut masih aman di kunjungi, meski sedang mengeluarkan abu vulkanik.

"Bahaya 1 km, di luar itu aman saja bermain‎ di Bromo masih bisa asal pakai masker karena arah angin berubah-ubah, batas amannya itu dari Pure yang ada didekat situ, lewat dari Pure itu tidak boleh," tuturnya.

Kasbani menyatakan, pihaknya akan menaikan level dan menambah jarak zona bahaya, jika aktivitas Gunung Bromo meningkat dan membahayakan. "Kalau ada aktivitas membahayakan kita naikan. Kalau ancaman sudah mulai meluas kita akan naikan," jelasnya.

‎Kasbani menjelaskan, status setiap gunung api dengan zona bahaya berberbeda, dia mencontohkan seperti Gunung Merapi yang juga statusnya level II tetapi Zona bahayanya 3 km dari kawah. Hal ini tergantung dari tingkat karakteristik letusan gunung.

"Setiap gunung berbeda karakterisitiknya, makanya zona berbahayanya berbeda-beda. Gunung Merapi 3km, itu ancaman membahayakan jiwa terkait guguran lava, krikil batu pijar dan awan panas," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini