Lowongan kerja tercatat meningkat di kuartal II, lebih banyak berada di luar Jawa

Kamis, 12 Juli 2018 18:16 Reporter : Merdeka
lowongan kerja. © businessnewsdaily.com

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan indeks lowongan pekerjaan untuk kuartal II 2018. Hasilnya jumlah lowongan pekerjaan mengalami peningkatan jika dibandingkan kuartal I 2018.

Direktur Eksekutif Departemen Statistik Bank Indonesia, Yati Kurniati, memaparkan jumlah lowongan kerja pada kuartal II 2018 meningkat 19,2 persen (yoy). Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan kuartal I 2018 yang tumbuh 18,74 persen.

"Kalau dihitung secara rata-rata lowongan kerja formal pada Juni 2018 tumbuhnya 18,2 persen jika dibandingkan periode yang sama di 2017," ucap Yati di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (12/7).

Indeks lowongan pekerjaan ini, dijelaskan Yati, dihasilkan dari pengumpulan data dari Big Data, diantaranya berbagai situs lowongan pekerjaan di internet dan iklan di media cetak, dengan menghilangkan duplikasi info lowongan. Hasilnya, setidaknya ada ratusan ribu lowongan pekerjaan yang menjadi objek survei Bank Indonesia.

Adapun peningkatan pertumbuhan lowongan kerja terjadi pada sektor jasa keuangan dan asuransi, perdagangan besar dan eceran, pertambangan dan penggalian, penyediaan akomodasi dan makan minum, dan konstruksi. "Kalau pertumbuhannya paling banyak itu di luar Pulau Jawa, di Jawa juga tumbuh namun lebih tinggi misal di Sumatera dan Sulawesi," tegas Yati.

Dijelaskan Yati, lebih banyaknya pertumbuhan jumlah lowongan kerja di luar Jawa ini tidak terlepas membaiknya harga komoditas. Alhasil beberapa perusahaan mulai meningkatkan kapasitas dan tenaga kerja.

Mengenai tipe pekerjaannya, Yati mencatat dari ratusan ribu yang disurvei, 80 persen adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian teknis. "Jadi yang non skil seperti sopir dan lainnya itu lebih banyak iklan di koran, dan jimlahnya juga tidak lebih dari 20 persen," pungkas Yati.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini