Kemenperin terima 10 mobil listrik dari Mitsubishi Motors

Senin, 26 Februari 2018 12:13 Reporter : Ibnu Fauzi
Kemenperin Terima 10 mobil listrik Mitsubishi. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terima 10 mobil listrik dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Kesepuluh mobil tersebut terdiri dari delapan unit Mitsubishi Outlander PHEV (model SUV plug-in hybrid) dan dua unit Mitsubishi i-Mief, Senin (26/2) di Halaman Kantor Kemenperin.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengapresiasi kepada Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia atas kerja sama yang terjalin dalam rangka studi bersama dan sosialisasi penggunaan mobil listrik di Indonesia.

"Kami berharap kerja sama ini menjadi sebuah langkah positif dalam mempercepat pembangunan teknologi industri otomotif nasional yang ramah lingkungan dengan emosi karbon rendah," tutur Airlangga.

Menperin juga menegaskan pihaknya bersama stakeholder terkait sedang me-review peta jalan arah kebijakan dan pengembangan industri alat transportasi nasional dalam rangka menyesuaikan cepatnya perkembangan teknologi industri otomotif di mana salah satu tujuannya adalah mendorong produksi kendaraan Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).

"Tahapan yang tengah kami lakukan adalah pengembangan Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), kemudian dilanjutkan dengan kendaraan hibrid hingga kendaraan listrik," katanya.

Menurut Airlangga, tahapan pengembangan teknologi menuju kendaraan listrik tersebut sangat diperlukan untuk memberikan waktu bagi pemerintah dan pelaku industri dalam menyiapkan regulasi atau payung hukum, infrastruktur pendukung, dan teknologi.

Sementara itu, CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko mengatakan hari ini merupakan momen penting untuk Mitsubishi Motors, di mana pemerintah Indonesia dan masyarakat Indonesia mendapat manfaat dari peningkatan kepemilikan mobil, komunitas yang lebih terhubung, serta lingkungan yang lebih aman dan ramah.

Saat ini kata dia, Mitsubishi Motors memberikan sebuah kontribusi langsung terhadap transisi Indonesia ke era ekonomi rendah karbon dengan menyumbangkan 10 kendaraan listrik dan empat unit quick charger ke Kemenperin.

"10 kendaraan baru ini akan dikerahkan oleh kementerian dalam serangkaian studi bersama yang secara langsung akan mendukung perkembangan infrastruktur kendaraan listrik Indonesia yang sedang berkembang. Studi ini merupakan langkah untuk pencapaian visi smart cities yang benar-benar akan melihat penyampaian teknologi untuk masyarakat," ujarnya.

Penyerahan ditandai dengan penandatangan poster bergambar dua mobil oleh Menperin dan CEO Mitsubishi. Dilanjutkan dengan test drive mobil oleh Menperin. Acara serah terima juga turut dihadiri beberapa menteri di antaranya Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. Kemenperin
  2. Highlight
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini