Kemenkeu Catat Penyaluran Beasiswa LPDP Telah Capai Rp 46,1 Triliun

Sabtu, 16 Maret 2019 10:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kemenkeu Catat Penyaluran Beasiswa LPDP Telah Capai Rp 46,1 Triliun Sri Mulyani hibur anak-anak di LPDP. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat dana beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang tersalurkan saat ini sudah mencapai sebesar Rp 46,117 triliun. Angka ini diperkirakan masih akan terus bertambah.

"Untuk pembiayaan program beasiswa saat ini dana LPDP sudah mencapai Rp 46,117 triliun. Masih akan banyak lagi," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, di acara Sarasehan LPDP 2019, di Kantornya, Jakarta, ditulis Sabtu (15/3).

Menteri Sri Mulyani mengatakan dana LPDP dipelihara dalam bentuk investasi, baik surat berharga negara (SBN), deposito hingga obligasi. Jadi bukan tidak mungkin, dana tersebut akan terus naik mengingat setiap tahun jumlah peserta penerima juga terus bertambah.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia menyebut, saat ini telah diseleksi sebanyak 20.255 penerima beasiswa LPDP (awardee), di mana 9.881 adalah yang sedang belajar, dan 7.108 sudah selesai atau menjadi alumni.

"Sementara masih ada 3.266 adalah dalam proses menunggu keberangkatan," imbuhnya.

Adapun program beasiswa LPDP sudah dikembangkan seusai arahan Presiden Joko Widodo ( Jokowi), dalam bentuk afirmasi untuk memperkuat instansi-instansi di Indonesia, termasuk lembaga-lembaga pendidikan.

Untuk beasiswa sendiri terdiri dari beasiswa reguler, beasiswa disertasi, beasiswa dokter spesialis, beasiswa afirmasi, beasiswa unggulan dosen Indonesia, dan juga dalam bentuk co-funding.

"Ini dalam rangka memaksimalkan hasil setiap rupiah yang kita belanjakan di LPDP dengan menghasilkan sebanyak mungkin tenaga-tenaga terdidik maupun yang lakukan penelitian, sehingga kalau mereka bisa juga lakukan co-funding kita juga akan lakukan pembiayaan bersama," pungkasnya.

Seperti diketahui, pada 2018, LPDP menetapkan kuota penerima beasiswa mencapai 4.000 orang dengan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 35 triliun. Sementara untuk tahun ini pemerintah kembali menganggarkan tambahan sebesar Rp 20 triliun.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini