Kapal BBM Pertamina Terbakar, Stok Pertalite Aman?

Minggu, 26 Maret 2023 23:26 Reporter : Merdeka
Kapal BBM Pertamina Terbakar, Stok Pertalite Aman? Pertamina. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapal MT Christin yang merupakan kapal pengangkut BBM yang disewa oleh PT Pertamina (Persero) terbakar di Perairan Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (26/3) sore. Kapal tersebut tersebut dilaporkan mengangkut sekitar 5.900 kl Pertalite untuk dua terminal BBM (TBBM) yang berada di Lombok dan Bali, yakni TBBM Ampenan dan TBBM Sanggaran.

Pjs Area Manager, Communication, Relation, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Taufik Kurniawan mengatakan, meski ada insiden ini, stok BBM Pertalite untuk kedua TBBM tersebut masih aman.

"Untuk suplai BBM, kami pastikan stok terminal BBM Ampenan dalam keadaan aman. Saat ini TBBM Ampenan memiliki stok Pertalite sebesar 3.200 kl dengan coverage day 3 hari," jelasnya dalam siaran video resmi Pertamina, Minggu (26/3).

"Kemudian TBBM Sanggaran memiliki 4.200 kl dengan coverage day 4,5 hari. Itu posisi real time pada saat saya menyampaikan statemen ini," terang Taufiq.

Sementara untuk pola alih suplai, stok Pertalite dari kapal MT Christin akan dialihkan ke kapal MT Olimpia dengan muatan 2.500 kl. Kapal yang tadinya bakal sandar ke TBBM Bima ini ditarik dulu untuk memasok suplai ke TBBM Ampenan di Kota Mataram.

"Kemudian kita pastikan TBBM Ampenan dan Bima mampu menopang kebutuhan BBM di Pulau Lombok," imbuh Taufiq.

Sedangkan untuk suplai BBM Pertalite ke Bali, dia memastikan itu aman. Pasalnya, selain punya TBBM Sanggaran, stok bahan bakar di Pulau Dewata juga diamankan oleh adanya suplai yang sangat besar dari Terminal BBM Manggis.

"Sehingga sekarang pola suplai kita alihkan sementara via darat dari Manggis ke Ampenan, sambil menunggu kapal Elizabeth 1 yang rencananya akan sandar besok 27 Maret dengan membawa muatan Pertalite sebesar 1.000 kl," paparnya.

"Untuk itu kami harapkan masyarakat tidak panik, karena stok BBM di Pulau Lombok dan Bali kami pastikan dalam keadaan aman," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Kapal MT Christin Angkut BBM Terbakar di Perairan Lombok, Pemadaman Terus Dilakukan
Kapal BBM Pertamina Terbakar di Laut Mataram, Bawa 5.900 KL Pertalite
Polemik SPBU Batasi Penjualan BBM Subsidi, Isi Pertalite Tak Boleh Malam Hari
Hati-hati, SPBU Nakal Jual Pertalite Tak Sesuai Aturan Bisa Disanksi Pertamina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini