Ini Tahapan yang Perlu Disiapkan Usai Lolos CPNS dan PPPK KKP

Kamis, 6 Januari 2022 13:20 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ini Tahapan yang Perlu Disiapkan Usai Lolos CPNS dan PPPK KKP PNS. pdk.org

Merdeka.com - Sebanyak 847 pelamar dinyatakan lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2021 di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Hasil tersebut disampaikan menyusul telah terbitnya pengumuman pasca sanggah bagi para pelamar pada 4 Januari 2022.

Pengumuman Nomor B.9/SJ/I/2022 tentang Hasil Pasca Sanggah tersebut menjelaskan bahwa tidak ada sanggah nilai yang diterima.

Sekretaris Jenderal KKP, Antam Novambar memaparkan, para pelamar yang lolos terbagi dalam dua kategori, yakni CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Rincian pelamar yang lolos sebagai CPNS sebanyak 366 orang dan 481 sisanya sebagai PPPK.

"Selamat bagi para peserta yang lolos dan silahkan mengikuti tahapan selanjutnya sesuai waktu yang telah ditetapkan. Saya harap mereka dapat bekerja optimal untuk mendukung percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan sesuai tagline KKP Accelerate," ungkap Antam, Kamis (6/1).

Baca juga:
BKN Minta Prosedur Rekrutmen CPNS Diperketat, Ini Alasannya

Masih ada dua tahapan lagi yang harus diikuti para pelamar yang dinyatakan lolos. Meliputi penyampaian kelengkapan dokumen dan pengisian daftar riwayat hidup (DRH) pada tanggal 7 hingga 21 Januari 2022, serta usul penetapan nomor induk pegawai (NIP) CASN yang berlangsung selama satu bulan mulai 22 Januari hingga 22 Februari 2022.

Antam menambahkan, dari 481 peserta PPPK yang lolos, sebagian besar merupakan tenaga penyuluh perikanan bantu (PPB) yang selama ini telah bekerja mendampingi masyarakat kelautan dan perikanan di berbagai daerah di penjuru Indonesia.

Pihaknya terus berupaya agar jumlah tenaga penyuluh perikanan bantu yang bergabung menjadi PPPK maupun CASN bisa bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2021, KKP mendapatkan formasi Penyuluh Perikanan sebanyak 200 CASN dan 398 PPPK.

"Setiap aspirasi yang masuk pasti kami dengar, termasuk dari tenaga penyuluh perikanan bantu. Bagi yang belum berhasil bergabung tahun ini, tetap semangat, mudah-mudahan jumlah yang bergabung di tahun depan bisa lebih banyak lagi," pungkas Antam.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Aparatur dan Organisasi (SDMAO) KKP Riza Triansyah menambahkan, sebagian besar CASN dan PPPK akan ditugaskan di unit pelaksana teknis (UPT) KKP yang ada di daerah.

Baca juga:
BKN Minta Prosedur Rekrutmen CPNS Diperketat, Ini Alasannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini