Ingin Beli Rumah, Pilih KPR Dengan atau Tanpa DP?

Kamis, 15 November 2018 16:01 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Ingin Beli Rumah, Pilih KPR Dengan atau Tanpa DP? perumahan. ©2012 Merdeka.com/sapto anggoro

Merdeka.com - Akhir-akhir ini, istilah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan DP (down payment) atau uang muka nol persen kerap terdengar. Namun, apakah KPR tanpa DP tersebut lebih baik dibanding KPR dengan DP?

Vice President Consumer Loans Group Bank Mandiri, Rudi As Aturridha mengaku jika dirinya harus mengambil KPR maka dia akan memilih membayar DP. Sebab, dengan menggelontorkan DP di awal, maka bisa menjadi motivasi untuk membayar cicilan.

"Karena itu akan menambah kewajibannya kita kalau sudah naruh duit berarti kayak kita sudah punya kewajiban. Tapi kalau misalnya kita gak ada DP saya merasa nanti ah udah biarin aja (bayarnya)," kata Rudi saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (15/11).

Selain itu, Rudi menyatakan besaran angsuran atau cicilan yang dibayar tentu akan berbeda jika dengan DP atau tanpa DP. Menurutnya, jika membeli rumah dengan DP, maka angka cicilannya akan lebih kecil.

Dia juga menjelaskan tidak perlu khawatir dengan DP di awal sebab saat ini sudah banyak produk KPR yang menawarkan DP murah.

"Contoh kalau beli rumah Rp 500 juta tidak ada DP, limit angsuran kreditnya Rp 500 juta. Kalau dengan DP Rp 500 juta dikurangi jumlah DP, jadi kecil. Jadi kalau saya tidak apa-apa duitnya sekarang saya ceburin jadi DP, kan cicilannya jadi kecil," imbuhnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini