Gubernur DKI minta harga pangan tidak anjlok dari harga acuan

Sabtu, 17 Juni 2017 15:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Gubernur DKI minta harga pangan tidak anjlok dari harga acuan Djarot blusukan ke Pasar Pramuka. ©istimewa

Merdeka.com - Pemerintah terus berusaha menjaga agar harga pangan tidak melonjak dan ketersediaan pangan tetap stabil. Salah satunya melalui penetapan harga acuan pangan agar harga tetap terkontrol dan tidak terjadi permainan harga.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat meminta agar Menteri Pertanian bersama Menteri Perdagangan tetap menjaga harga pangan di Indonesia tidak jatuh dari harga acuan yang ditetapkan.

Sebab, meski stok pangan saat ini berlebih atau over suplai, namun harga pangan masih turun dari harga acuan.

"Kami tidak ingin harga-harga produk pertanian jatuh dari harga acuan. Seperti cabai keriting pemerintah harus hadir. Saya laporkan Pasar Jaya sudah punya mesin simpanan dengan control storage atmosphere bisa tampung 60 ton," kata Djarot di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Sabtu (17/6).

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meyakini dengan dikeluarkannya Permendag nomor 27 tahun 2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen, bisa menjaga harga pangan tetap stabil.

"Pak Mentan menyuruh saya mengeluarkan aturan mengenai harga acuannya. Dengan kerjasama yang luar biasa khususnya dengan Pemprov DKI maka sampai hari ini (harga) terkendali dan kami berharap dalam sisa waktu neberapa hari ini tidak ada gejolak karena stok aman," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini