Generasi Muda Jadi Kelompok Rentan Terdampak Krisis Iklim

Kamis, 18 Agustus 2022 13:40 Reporter : Siti Ayu Rachma
Generasi Muda Jadi Kelompok Rentan Terdampak Krisis Iklim generasi milenial. ©2018 istimewa

Merdeka.com - Kepala Departemen Lingkungan Hidup BEM UI, Kevin Wisnu Murti mengungkapkan generasi muda merupakan kelompok rentan yang terdampak dari krisis iklim. Kevin menjelaskan bahwa lebih dari 80 persen anak muda akan menderita penyakit, luka hingga kematian yang berkaitan dengan krisis iklim.

"Dampaknya juga tidak akan dirasakan fisik saja tapi dampak psikologis dan kesehatan mental itu juga bisa terjadi dan bisa dirasakan oleh anak muda apabila terjadi krisis iklim," ucap Kevin, dalam webinar di Jakarta, Kamis (18/8).

Menurutnya dependensi anak muda terhadap orang dewasa juga membuat anak muda lebih rentan terkena dampak tak langsung dari krisis iklim, seperti keterbatasan pangan dan migrasi paksa.

"Diharapkan pemerintah indonesia untuk segera berperan visi menjurus energi yang lebih bersih menuju energi terbarukan, kalau tidak melakukan ini merupakan bentuk kejahatan kepada kami generasi muda," terang Kevin.

Menurut survei Nasional Indikator Politik Indonesia dan Yayasan Cerah Indonesia, ada 82 persen anak muda pernah mendengar tentang perubahan iklim, tingkat kesadaran kelompok umur dari 17 hingga 26 tahun lebih tinggi dibandingkan kelompok 27-35 tahun.

"Kita tahu bahwasanya perubahan iklim perlu ditangani sesegera mungkin tapi yang menjadi permasalahannya adalah anak muda masih sering ditampilkan begitu saja, anak muda hanya dipandang sebagai objek dalam melihat permasalahan krisis iklim," ungkapnya.

Seharusnya, anak muda juga perlu diberikan keterlibatan yang mendalam untuk memberikan kebijakan yang baik supaya krisis iklim bisa diselesaikan untuk jangka yang lebih panjang karena anak muda adalah kelompok rentan.

"Parahnya lagi, partisipasi anak muda hanya bersifat dekoratif tanpa ada makna berarti, kita hanya dijadikan etalase politik biar kelihatannya ada peran serta anak muda padahal anak muda tidak sepenuhnya dilibatkan dalam hal krusial," tambahnya.

Baca juga:
Jokowi: Kalimantan Utara akan Jadi Green Industrial Park Terbesar di Dunia
Di Forum G20, PKT Paparkan Strategi Tekan Emisi Karbon 436.000 Ton Sepanjang 2022
Deretan Satwa Liar Ini Bantu Atasi Perubahan Iklim Dunia
Bumi Makin Panas, Kutub Utara Mencair Empat Kali Lebih Cepat
Orang-Orang Terkaya Dunia Danai Pencarian Harta Karun Besar-besaran di Greenland
Bencana Kekeringan Meluas Sampai Belanda

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini