Garap Bisnis Pemakaman Muslim, Lippo Tawarkan Tarif Hanya Rp32 Juta

Kamis, 5 Desember 2019 11:32 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Garap Bisnis Pemakaman Muslim, Lippo Tawarkan Tarif Hanya Rp32 Juta Ilustrasi pemakaman. ©2012 Shutterstock/Kzenon

Merdeka.com - PT Lippo Karawaci (LKPR) membangun pemakaman muslim dan mematok tarif layanan Rp32 juta per liang lahat. Pemakaman bernama 'Raudlatul Jannah Memorial Park' ini berdiri di atas lahan seluas 50 hektare di jalan Kuta Tandingan Raya No.7, Exit Karawang Barat 2, Km.46, Jawa Barat. Standar pengelolaannya dilakukan sesuai dengan aturan dan kaidah Islam.

General Manager Raudlatul Jannah, Agus Sujatmiko, mengatakan tarif layanan sebesar Rp32 juta hanya untuk sekali pembayaran. Setelah itu, keluarga tidak lagi dibebani biaya-biaya di kemudian hari.

"Selain penyediaan lahan pemakaman, Raudlatul Jannah juga memberikan pelayanan lengkap mulai dari memandikan jenazah, mengkafani, menshalatkan, membawa jenazah ke pemakaman, hingga memakamkan jenazah," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Kamis (5/11).

Mengingat pemakaman jenazah seorang muslim harus dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 24 jam setelah meninggal, maka Raudlatul Jannah menyediakan pelayanan di luar jam kerja atas permintaan khusus. Usai pemakaman, Raudlatul Jannah juga memberikan pelayanan penyediaan batu nisan, penyediaan tenda dan kursi untuk ziarah di makam, hingga pemeliharaan lahan pemakaman dan penjagaan keamanan selama 24 jam 7 hari seminggu.

"Bagi umat muslim pemakaman adalah sesuatu yang sakral dan harus dilakukan sesuai dengan ketentuan agama. Antara lain, jenazah harus membujur ke utara dengan muka menghadap ke arah kiblat dan tidak menggunakan beton. Karenanya, pengelolaan pemakaman di Raudlatul Jannah Memorial Park dilakukan dengan mengikuti standar ketat sesuai aturan dalam agama Islam," kata penasihat Raudlatul Jannah Memorial Park, KH. Ahmad Ruhiat Hasby.

Sebelumnya, Lippo Karawaci telah membangun pemakaman serupa yang diperuntukkan bagi umat semua agama, yaitu San Diego Hills Memorial Park, sehingga masyarakat Indonesia memiliki pilihan untuk memakamkan keluarganya yang meninggal. Dan Raudlatul Jannah merupakan pengembangan terbaru dari San Diego Hills Memorial Park.

1 dari 1 halaman

Layanan yang Tersedia di Raudlatul Jannah Memorial Park

A. Pemulasaran Jenazah
a. Penjemputan Jenazah menuju tempat persemayaman.
b. Memandikan Jenazah.
c. Mengkafani Jenazah
d. Sholat Jenazah
e. Memberangkatkan Jenazah menuju ke Raudlatul Jannah Memorial Park

B. Pelayanan Pemakaman
a. Penyediaan Lahan Pemakaman Muslim
b. Pelaksanaan Prosesi Pemakaman
c. Membacakan doa untuk Jenasah
d. Membacakan Al-Quran selama 7 x 24 jam di lahan makam.

C. Pelayanan setelah Pemakaman
Penyediaan Batu Nisan beserta desainnya
Penyediaan tenda dan kursi untuk ziarah makam
Pemeliharaan Lahan Pemakaman dan keamanan 24/7.

"Kita mengetahui bahwa Pemakaman umat Muslim harus dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 24 Jam setelah meninggal, sehingga kami memberikan Jam Pelayanan mengikuti Kebutuhan dari pelanggan yang diluar standar jam kerja (dengan permintaan khusus)."

[bim]

Baca juga:
Gelar Topping Off, Lippo Tower Serah Terima Tahun Depan
Lippo Karawaci Gandeng Softbank Sediakan Aplikasi untuk Properti
John Riady: LPKR Siap Kebut Rencana Bisnis
Pendapatan Lippo Karawaci Diprediksi Tumbuh 22 Persen di 2019
Lippo Karawaci Angkat Rudy Halim Sebagai COO Anyar
Lippo Karawaci Raup Pendapatan Semester I 2019 Rp5,3 Triliun
Usai S&P, Fitch Turut Naikkan Peringkat Kredit Lippo Karawaci Menjadi B-

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini