Gaji UMR Bisa Liburan ke Luar Negeri, Coba Terapkan 4 Tips Berikut Ini

Senin, 29 November 2021 08:00 Reporter : Anisyah Al Faqir
Gaji UMR Bisa Liburan ke Luar Negeri, Coba Terapkan 4 Tips Berikut Ini Singapura. ©Pixabay/sasint

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 memang masih berlangsung. Namun, kondisi saat ini dinilai lebih baik karena hampir setiap negara sudah memiliki strategi pengendalian penyebaran virus.

Demi mempercepat proses pemulihan ekonomi dunia, sejumlah negara saling bekerja sama untuk mendorong pemulihan di sektor pariwisata. Salah satunya konsep travel bubble antara Indonesia dengan Singapura beberapa waktu lalu.

Berlibur keluar negeri pun rasanya dalam waktu dekat bisa terwujud. Hanya saja sebagian orang yang masih berpenghasilan standar UMR (Upah Minimum Regional) merasa mustahil. Alasannya, gaji yang diterima setiap bulan cuma cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Padahal berapapun gaji yang diterima, sebenarnya bisa digunakan untuk liburan ke luar negeri. Hanya saja, perlu perencanaan yang matang untuk bisa mewujudkannya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba dari futuready.com:

2 dari 3 halaman

1. Pilih Negara Tujuan

Memilih negara tujuan untuk berlibur ini sangat penting. Ini harus dilakukan diawal agar bisa menentukan dana yang dibutuhkan untuk liburan keluar negeri. Pastikan negara tujuan memiliki tingkat penanganan Covid-19 yang baik.

Setelah menentukan negara tujuan, penting juga bagi Anda untuk menentukan tempat-tempat wisata atau yang ingin dikunjungi. Setelah itu tentukan waktu keberangkatan.

Ingat, berlibur di musim liburan atau peringatan hari besar. Biasanya harga-harga juga ikut naik pada tanggal tertentu. Selain itu, perhatikan juga kondisi terkini penanganan Covid-19 di negara tujuan.

2. Rencanakan Anggaran

Tips selanjutnya menentukan anggaran yang harus disiapkan. Mulai dari tiket penerbangan, biaya transportasi selama liburan, penginapan, makan, oleh-oleh dan sebagainya.

Harga-harga tersebut bisa didapat sesuai dengan anggaran. Memesan tiket pesawat atau akomodasi dari jauh hari bisa mendapatkan harga tiket yang murah. Manfaatkan promosi-promosi untuk mendapatkan harga miring.

3 dari 3 halaman

3. Mulai Menabung

Kalau sudah melakukan dua hal tersebut, yang perlu dilakukan adalah mulai menabung. Semua rencana yang telah tersusun bisa terwujud setelah menyisihkan gaji untuk liburan.

Sekadar saran, Anda bisa menyisihkan penghasilan sebanyak 10 persen dari gaji yang didapat tiap bulannya. Selain itu, selama masa menabung Anda bisa mengurangi atau bahkan menghindari hal-hal konsumtif yang bisa mengganggu keuangan Anda atau rencana menabung.

 

4. Ajak Orang Lain Liburan Bersama

Tips lain untuk mengurangi anggaran liburan dengan mencari teman berlibur. Hal ini bisa mengurangi beberapa pos anggaran seperti sewa penginapan atau sewa kendaraan selama di negara orang. 

Tak hanya itu, dijamin liburan Anda akan semakin menyenangkan bersama orang-orang sekitar yang memiliki tujuan sama. Selamat mencoba. [idr]

Baca juga:
Simak 5 Tips Atur Keuangan Agar Tak Boros Saat Liburan Akhir Tahun
Itinerary adalah Rencana Perjalanan, Berikut Penjelasan dan Cara Membuatnya
Tips Liburan ala Raffi Ahmad: Nabung dan Sesuai Kantong

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Liburan
  3. Tips Keuangan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini