ESDM Beberkan Alasan Penyaluran Subsidi Elpiji Dilakukan Tertutup

Rabu, 15 Januari 2020 19:51 Reporter : Merdeka
ESDM Beberkan Alasan Penyaluran Subsidi Elpiji Dilakukan Tertutup elpiji 3 kg. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah akan menerapkan penyaluran subsidi Elpiji 3 Kilogram (Kg) tertutup pada pertengahan tahun ini. Dengan begitu, setiap satu keluarga miskin yang berhak menerima subsidi hanya diperbolehkan membeli tiga tabung setiap bulannya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial menyampaikan, distribusi subsidi Elpiji 3Kg dibatasi lantaran merupakan yang terbesar dibanding alokasi subsidi energi yang lain.

"Pemerintah ingin mengendalikan, karena itu salah satu kontribusi subsidi terbesar di Republik ini," kata Ego di Kantor SKK Migas, Jakarta, Rabu (15/1).

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, subsidi energi dalam Anggaran Pendapatan dan belanja Negara (APBN) 2020 sebesar Rp 125,3 triliun. Di mana subsidi listrik sebesar Rp 54,8 triliun, sementara subsidi energi sebesar Rp 70,6 triliun.

Daro subsidi energi tersebut, alokasi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp 19,9 triliun, sedangkan subsidi elpiji sebesar Rp 50,6 triliun.

Untuk itu, pihaknya menyerahkan kuasa pembatasan alokasi Elpiji bersubsidi kepada Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM. "Kita sedang membangun sistem lah. Progresnya di temen-temen di Ditjen Migas pastinya seperti apa, apakah mereka mau lakukan bertahap," lanjut dia.

1 dari 1 halaman

Penyaluran Subsidi Elpiji Tertutup

elpiji tertutup

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto mengungkapkan, uji coba penyaluran Elpiji telah dilakukan, kemudian akan diputuskan mekanisme penyaluran subsidi Elpiji tertutup oleh pemerintah, salah satunya dengan menggunakan aplikasi scan barcode.

Nantinya, masyarakat yang berhak mendapat subsidi harus menunjukkan barcode saat mengisi tabung. Dalam barcode tersebut terisi identitas dan data penggunaan.

"Kita melakukan persiapan metodenya, mudah-mudahan pertengahan tahun bisa dilakukan, uji coba sudah dilakukan tapi materinya beda-beda. Pertamina ada barcode, misal satu orang 3 tabung sebulan nanti. Dari barcode nanti bisa diketahui apakah layak menerima atau tidak, nanti dari bank mentransfer subsidinya," jelasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Terapkan Subsidi Tertutup, Harga Elpiji 3 Kg Akan Lebih Mahal Pertengahan 2020
Penyaluran Subsidi Elpiji Tertutup akan Diterapkan Pertengahan 2020
Pertamina Siagakan SPBU Mini di 16 Titik Tol Banten, DKI dan Jawa Barat
Amankan Penjual Elpiji Tanpa Izin, Polisi Sita 600 Tabung Gas 3 Kg
Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan Elpiji di Kalimantan Cukup Hingga Akhir Tahun
Kasus Perusakan Gagang Pintu Pangkalan Elpiji, Mursyidah Divonis 3 Bulan Bui

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini