Diaspora Indonesia Dukung Penerbitan Surat Utang Diaspora Bond

Sabtu, 10 Agustus 2019 20:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Diaspora Indonesia Dukung Penerbitan Surat Utang Diaspora Bond Presiden Jokowi bertemu diaspora. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Keuangan tengah mengkaji skema penerbitan Surat Berharga Negara atau SBN yang menyasar warga keturunan Indonesia di luar negeri atau diaspora. Rencananya surat utang ini akan diberi nama Diaspora Bonds.

Presiden IDN Global, Mark Gerald Eman, mengungkapkan pihaknya mendukung penerbitan diaspora bond dan siap bekerja sama dengan Kementerian Keuangan. Pelaksanaan program tersebut dapat mulai dijalankan secara bertahap.

"Jadi kita bagi dua diaspora bond itu dengan target market warga Indonesia yang di luar negeri karena diaspora yang tidak pegang paspor Indonesia kita perlu step-step lebih lanjut. Nah itu sedang kita proses lebih lanjut diaspora bekerjasama dengan Kemenkeu," kata dia, dalam The 5th Congress of Indonesian Diaspora (CID-5), Jakarta, Sabtu (10/8).

Dia optimistis diaspora bond dapat segera diluncurkan. Program ini pun mendapatkan tanggapan positif dari diaspora Indonesia. "Bisa mulai secepatnya. Karena banyak sekali kita datang ke temen-temen yang di luar Indonesia, mereka sangat excited dengan diaspora bond," jelas dia.

"Mereka yang punya keluarga di Indonesia, mereka punya income di luar negeri mereka bisa invest di diaspora bond ya, mereka dapat return bunga yang cukup menarik, dan mereka bisa membuat itu menjadi investasi mereka," imbuhnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan diaspora Indonesia dapat menjadi agen pemerintah dalam upaya mempromosikan Indonesia sebagai tempat berinvestasi.

"Mempromosikan itu sendiri hal pertama. Karena kita akan barengi, PR kita di dalam adalah melakukan reformasi, kemudian menjadikan iklim investasi menjadi kondusif dan sebagainya. Sehingga pada saat temen-temen diaspora membantu mempromosikan investasi, di dalamnya juga sudah siap," ungkap Retno.

Namun, kata dia, sumbangsih diaspora Indonesia dapat juga diberikan dengan turut menanamkan modal. Salah satunya lewat diaspora bond. "Banyak juga temen-teman diaspora kita yang banyak memiliki uang. Dan jangan lupa juga ajakan kita tanamlah uangmu di indonesia," tegasnya.

"Karena kita tahu apa yang terjadi di RRT, China, India, itu adalah diaspora-diaspora mereka pulang membawa uang untuk berinvestasi di (surat utang) negaranya," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini