Di pertemuan IMF-WorldBank, Jokowi sebut ekonomi dunia laiknya serial Game of Thrones

Jumat, 12 Oktober 2018 09:35 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Di pertemuan IMF-WorldBank, Jokowi sebut ekonomi dunia laiknya serial Game of Thrones Presiden Jokowi di pertemuan IMF-World Bank. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mempunyai cara unik untuk menggambar situasi global. Mantan walikota Solo ini menggambarkan situasi perekonomian global dengan seri televisi drama 'Game of Thrones'.

"Hubungan negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti game of thrones, balance of power dan aliansi antara negara ekonomi maju seperti mengalami keretakan. Lemahnya koordinasi, terjadi banyak masalah, seperti peningkatan harga minyak, kekacauan mata uang dialami negara berkembang," kata dia, dalam 'Plenary session AM IMF-WBG 2018', Bali, Jumat (12/10).

Dia mengatakan dalam serial 'Game of Thrones' terjadi pertarungan dan perebutan kekuasaan antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. Pertarungan itu membuat mereka lupa ada ancaman serius lain yang sedang membayang.

"Setelahnya keluarga yang satu menjatuhkan yang lainnya. Namun yang mereka lupa, mereka tidak tahu ancaman besar dari utara," kata dia.

Oleh karena itu, dia mengajak para pemangku kebijakan di seluruh dunia untuk bekerja sama guna memperbaiki situasi global yang tengah dilanda ketidakpastian.

"Saat ini kita sedang hadapi ancaman global dengan perubahan iklim, sampah plastik mencemari pasokan makanan di banyak tempat. Ancaman global besar yang hanya bisa kita tanggulangi hanya kita bisa kerja sama," imbuhnya

"Tahun depan kita akan saksikan season terakhir Game of Thrones. Saya bisa perkirakan bagaimana akhir ceritanya. Saya yakin ceritanya akan ada pesan moral konfrontasi dan perselisihan akan menyebabkan penderitaan. Tidak ada artinya kemenangan di tengah kehancuran," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini