Di Depan Anak Muda, Sandiaga Ungkap Rahasia Sukses Jadi Pengusaha

Minggu, 10 Maret 2019 18:43 Reporter : Aksara Bebey
Di Depan Anak Muda, Sandiaga Ungkap Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Bandung Young Entrepreneur Summit. ©2019 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Sandiaga Uno mengisi acara Bandung Young Entrepreneur Summit (YES) 2019 sebagai key note speaker di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung. Dalam acara tersebut, dia memotivasi kepada anak muda untuk berani dan berani memulai usaha.

Menurutnya, puncak bonus demografi Indonesia yang diprediksi terjadi 2030 mendatang merupakan peluang untuk membuat negara maju. Banyaknya tenaga kerja produktif akan mampu memacu pertumbuhan ekonomi yang aman membuat sektor riil terdongkrak sehingga sebuah negara memiliki daya saing mumpuni.

Untuk itu, semua harus dimulai dari sekarang. Jika tidak, maka peluang itu bisa menjadi bencana demografi. Syaratnya di antaranya, adalah setiap penduduk harus berkualitas memenuhi kebutuhan pasar atau tersedia lapangan kerja.

Sandiaga memotivasi kepada semua pengunjung agar berani dan tahu apa yang akan dilakukan. Itu pula lah yang harus dimiliki seseorang yang ingin menjadi pengusaha.

"Kalian harus mencintai apa yang dilakukan. Dengan menjadi pengusaha, bisa membuka lapangan kerja. Milenial harus menembus keterbatasan akses dan pendidikan. Milenial sebagai bonus demografi harus dijaga dari narkoba, depresi," terangnya, Minggu (10/3).

"Semua harus memastikan beasiswa dan pendampingan (untuk UMKM kecil dari pengusaha) dinikmati di desa dan kota. Wirausaha membuka lapangan pekerjaan. Menekan angka pengangguran. Maka, harus memudahkan pajak dan perizinannya," sambungnya.

Inovasi dan kreativitas adalah hal yang penting untuk menumbuhkan ekonomi. Dia menyayangkan 61 persen pengangguran di Indonesia merupakan generasi milenial.

Namun, menurutnya Jawa Barat punya potensi luar biasa dan banyak usaha kecil tumbuh berkembang dan menjadi mitra dalam membangun perekonomian bangsa

"Indonesia itu butuh energi cinta daru milenial dengan ide dan inovasi kita akan menembus batas masa depan. Berikan 100 persen energimu. Jangan korbankan passionmu demi receh," ucapnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini