Cerita Wapres JK Saat di Selandia Baru: Semua Made In China

Selasa, 8 Januari 2019 12:44 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Cerita Wapres JK Saat di Selandia Baru: Semua Made In China Jusuf Kalla. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara diskusi (talkshow) tentang Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2019, di Hotel Ritz Calton, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, JK menegaskan bahwa Indonesia harus meningkatkan daya saing untuk mencapai perekonomian yang lebih baik.

"Karena negara maju yang ingin maju dalam sistem ekonomi yang moderen tidak mungkin melaksanakan semua kebutuhannya. Itu mereka perlu memenuhi itu dengan harus membeli dan untuk membeli sesuatu harus mengekspor. Jadi Ekspor ini suatu sistem yang tidak bisa dihindari tapi perlu kita lakukan," kata JK, Selasa (8/1).

"Memang masalahnya semua negara berpikir yang sama, maka timbulah persaingan. Makanya PR kita meningkatkan daya saing. Dalam persaingan tentu ada komponen penting bisakah kita memproduksi dengan baik? yang lebih tepat dan lebih murah," kata JK.

Dengan memproduksi dengan baik, kata JK, Indonesia bisa menggunakan persaingan dan memenangkan persaingan. Seperti China yang bisa melakukan persaingan. Terlihat disetiap toko tertulis 'made in china', seperti saat kunjungannya ke New Zealand.

"Kalau kita masuk toko yang semuanya itu pegang pasti Made in China. Saya ke New Zealand atau Selandia Baru beli sepatu Made in China, topi juga Made in China. Beli sesuatu apapun Made in China, tidak ada barang tanpa Made in China karena membuatnya lebih baik dan murah," ungkap JK.

Karena itu JK berharap Indonesia bisa seperti China. Walaupun perekonomian saat ini tidak memiliki kepastian.

"Dapatkah kita mempunyai hal-hal tersebut. Walaupun kita menyadari bahwa perekonomian memiliki ketidak pastian yang luar biasa," ungkap JK. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini