Cerita Sandiaga Uno Pernah Sewa Tempat Bekas Salon untuk Kantor

Senin, 10 Mei 2021 17:32 Reporter : Anisyah Al Faqir
Cerita Sandiaga Uno Pernah Sewa Tempat Bekas Salon untuk Kantor Sandiaga Uno. Instagram/@sandiuno ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku pernah menyewa bekas salon untuk dijadikan kantor saat memulai usaha.

Saat merintis usaha baru, dia hanya mampu menyewa tempat berukuran 8 x 10 meter di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat. Meski beralamat di Kuningan, namun tempat usahanya tersebut jauh dari kemegahan kawasan elit perusahaan besar.

"Kami sewa satu tempat di dekat Kuningan, tapi bagian ujungnya. Ruangannya 8 x 10 meter, banyak kaca-kacanya," cerita Sandiaga Webinar Cara Baru Bekerja di Era New Normal, Jakarta, Senin (10/5).

Saat itu, Rosan Roeslani (Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri) sahabat Sandiaga mempertanyakan tempat yang dijadikan kantor. Sandiaga hanya bisa menjawab, uang yang dimilikinya hanya mampu menyewa tempat di bekas salon.

"Pak Rosan waktu itu tanya,'Kok gini tampilannya?'. Nah kita baru sanggup untuk bayar tempat sewa bekas salon itu," ungkap Sandi.

Sebab, harga sewa kantor masih terbilang mahal. Perusahaan yang bisa menyewa tempat hanya yang sudah memiliki nama dan bonafit saja. Sementara pengusaha rintisan hanya bisa menyewa tempat ala kadarnya.

"Zaman saya dulu, mulai usaha dapat ruang kantor kalau bukan perusahaan besar dan bonafit saja," kata dia.

Namun kata Sandiaga, saat ini, perusahaan rintisan tidak perlu mengalami hal yang sama dengan dirinya. Sudah ada tempat sewa kantor dengan harga terjangkau di pusat kota yang bisa digunakan pengusaha baru.

"Ini sekarang bisa didiskusikan. Perusahaan rintisan bisa punya kantor di Sudirman karena ada Co-working space di sana," kata dia. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini