BUMN Diminta Siapkan Rp100 T Serap Hasil Panen Petani, Ini Kata Erick Thohir

Senin, 26 September 2022 15:23 Reporter : Merdeka
BUMN Diminta Siapkan Rp100 T Serap Hasil Panen Petani, Ini Kata Erick Thohir Menteri BUMN Erick Thohir. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga buka suara soal usul Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang meminta perusahaan BUMN menyediakan alokasi Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap hasil panen petani.

Menurutnya, Menteri BUMN Erick Thohir telah merespon positif permintaan tersebut, dan tengah mempersiapkan kebijakan untuk menindaklanjutinya.

"Iyalah, enggak apa-apa kita ambil, bagus itu. Pak Erick lagi siapin 2-3 minggu ini," ujar Arya saat ditemui di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (26/9).

Untuk skema penugasannya, Erick Thohir nantinya bisa saja menugasi perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pangan semisal Perum Bulog hingga Holding Pangan ID FOOD. "Nanti akan ditunjuk BUMN. Bisa Bulog, bisa Holding Pangan, lihat kondisi nanti," ungkap dia.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan mengusulkan pemerintah melalui perusahaan BUMN mengalokasikan dana sebesar Rp 100 triliun per tahun untuk menyerap hasil panen petani. Dana ini setidaknya diuji coba dalam 3 tahun ke depan.

Upaya ini menurutnya bisa mensejahterakan petani. Menurut rencana Mendag, petani nantinya hanya fokus pada sisi produksi, sementara, negara melalui BUMN bertugas menyerap hasil panennya. Misalnya, bisa berlaku untuk hasil tani dari beras, kedelai, hingga jagung.

Usulan ini diakuinya telah sampai ke Presiden Joko Widodo. Menurutnya, usulan ini sejalan dengan perhatian Jokowi agar pemerintah atau BUMN menyerap hasil petani lokal.

"Kemarin saya usulkan, pak usulkan kalau bisa Rp 100 triliun untuk 3 tahun ini, pertahun, dengan BUMN itu apakah RNI atau mana yang membeli. Sehingga petani itu produksi saja," kata Mendag dalam Kinerja 100 Hari Menteri Perdagangan, Minggu (25/9).

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Terungkap, Rahasia Petani Kentang Naikkan Produksi Dua Kali Lipat
Jokowi Posting Kartun Hari Tani, Netizen Salah Fokus Gambar 'Sulit Lupakan Reyhan'
Solusi Wabup Garut di Tengah Rendahnya Minat Bertani Warga, Bisa Lakukan Ini di Rumah
BUMN Diusulkan Siapkan Rp100 Triliun Beli Hasil Panen Petani
Jokowi Minta Harga Kedelai Petani Lokal Naik Jadi Rp10.000 per Kg
Inisiatif Yoga Bertani Pare untuk Bantu Biaya Pendidikan Sang Adik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini