Bos Kadin Ajak Pengusaha Tetap Berbagi Meski Situasi Bisnis Sulit Akibat Corona

Jumat, 27 Maret 2020 13:29 Reporter : Merdeka
Bos Kadin Ajak Pengusaha Tetap Berbagi Meski Situasi Bisnis Sulit Akibat Corona Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani. ©Liputan6.com/Athika Rahma

Merdeka.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani, mengajak seluruh pengusaha dari berbagai elemen untuk bantu menyisihkan dana di tengah penyebaran virus corona atau Covid-19. Rosan mengingatkan untuk semua pengusaha bersatu dan jangan hanya memikirkan kepentingan sendiri atau kepentingan keluarganya saja

"Janganlah, masyarakat saat ini sangat butuh bantuan kita. Kalaupun kita memang mampu mendatangkan pelayanan kesehatan sebisa mungkin berikanlah terlebih kepada masyarakat yang membutuhkan dan rawan terdampak wabah ini," ujarnya saat menyerahkan bantuan Rp10 miliar kepada Palang Merah Indonesia di Jakarta, Jumat (27/3).

Pada kesempatan tersebut, Rosan juga menyampaikan harapan agar seluruh pengusaha saling menopang satu sama lain untuk meringankan beban pemerintah. "Kita jangan lihat besarnya jumlah yang bisa diberikan. Sekarang apapun yang bisa dilakukan untuk meringankan pemerintah mencegah penyebaran Covid-19, meringankan penderitaan saudara-saudara kita, lakukanlah," imbuhnya.

Menurut dia, meski kondisi ekonomi terus melemah dan pengusaha menghadapi permasalahan akibat dampak virus corona, hal tersebut tidak menjadikan pengusaha tinggal diam.

Dia juga menyampaikan bahwa pandemik ini telah memberikan hikmah tersendiri, yakni menjadikan Indonesia kembali ke jati dirinya sebagai bangsa yang menjunjung rasa persatuan dan gotong royong.

"Semua ini bisa kita lakukan karena dukungan dan gotong royong dari banyak perusahaan dan asosiasi, saya sangat mengapresiasi kebesaran hati mereka yang tulus membantu, ini menunjukan persatuan kita sebagai saudara sebangsa, rasa sepenanggungan dan gotong royong, inilah jati diri bangsa kita," serunya.

1 dari 1 halaman

Pengusaha Minta Keringanan Pembayaran THR

keringanan pembayaran thr rev1

Sebelumnya, Ketua Umum DPD HIPPI, Sarman Simanjorang mengatakan, di tengah situasi wabah virus corona atau Covid-19 banyak pelaku usaha secara pendapatan tertekan. Untuk itu, dia meminta agar pemerintah memberikan keringanan bagi pengusaha.

"Pengusaha berharap pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan dapat memberikan solusi dalam bentuk kebijakan khusus. Sekiranya pelaku usaha tidak dapat memberikan sama sekali THR atau hannya mampu memberikan 50 persen misalnya," kata dia di Jakarta, Kamis (26/3).

Dia mengatakan sekiranya pemerintah membuka opsi yang memungkinkan agar pemberian THR ditunda sampai keuangan perusahaan memadai. Dia pun menjamin tidak menghilangkan tanggung jawab pelaku usaha, dan seluruh hak-hak pekerja dipastikan terpenuhi.

"Ini harus segera di evaluasi atau ditindaklanjuti oleh Kementerian Ketenagakerjaan agar sedini mungkin dapat melakukan perundingan antara perwakilan pekerja dan managemen perusahaan untuk mencari jalan terbaik," jelas dia.

Di sisi lain, pelaku usaha juga berharap agar para pekerja melalui Serikat Buruh atau Serikat Pekerja dapat merasakan tekanan dan beban pengusaha dalam kondisi seperti ini. Jangan sampai memaksakan sesuatu yang tidak dapat di berikan pengusaha yang ujung ujungnya mengganggu keharmonisan hubungan industrial yang sudah berjalan baik selama ini.

"Bertahan saja sampai badai ini berlalu sudah merupakan sesuatu yang luar biasa. Kita doakan agar masalah virus corona ini cepat berlalu sehingga aktivitas bisnis dan perekonomian dapat pulih kembali," tandas dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Pengunjung Pasar Badung Bali Disemprot Disinfektan Sebelum Ambil Karcis Parkir
Kesal Dilarang Nongkrong untuk Cegah Corona, Mahasiswa Nekat Pukul Polisi
Catat, Ini Daftar 50 Warteg di Jakarta Bagikan Makan Gratis di Tengah Virus Corona
Pasien di RS Darurat Covid-19 Dijaga Perawat 24 Jam
Kadin dan Apindo Serahkan Bantuan Penanggulangan Corona Rp 10 M Lewat PMI
Meski Ada Corona, Buruh Minta THR Tetap Diberikan dan Utuh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini