BKN Jamin Tidak Ada Kebocoran Soal Tes CPNS 2019

Senin, 27 Januari 2020 10:02 Reporter : Dwi Aditya Putra
BKN Jamin Tidak Ada Kebocoran Soal Tes CPNS 2019 Sosialisasi Sistem Seleksi CPNS 2019/2020. ©2019 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan tidak ada kebocoran soal dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Seperti diketahui, SKD CPNS 2019 mulai berlangsung serentak dilaksanakan di berbagai provinsi dan daerah pada hari ini, Senin (27/1).

Adapun, dari 522 instansi yang berpartisipasi dalam seleksi CPNS 2019, sebanyak 42 instansi sudah mulai menggelar seleksi hari ini, terdiri dari 19 instansi pusat dan 23 pemerintah daerah.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, mengatakan soal-soal SKD tahun ini dibuat langsung oleh konsorsium perguruan tinggi. Sedangkan, soal diterima pihaknya dalam bentuk enkripsi yang diberikan langsung oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dalam prosesnya, soal yang dibuat oleh perguruan tinggi tidak langsung diterima oleh pihaknya. Melainkan diberikan terlebih dahulu ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setelah itu diserahkan kembali kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, lalu ke BSSN dan terakhir baru diterima di BKN.

"Jadi BKN tidak tahu soalnya. Hanya memfasilitasi tesnya. Kalau saya ditanya soal seperti apa, saya belum liat soalnya dan tidak mungkin bisa lihat soalnya," kata dia di Kantornya, Jakarta, Senin (27/1).

Sementara itu, terkait dengan dugaan adanya soal-soal beredar, dirinya menilai hal tersebut bukan lah soal asli. Melainkan sebuah kisi-kisi yang diberikan kepada peserta CPNS melalui bimbingan tes.

"Kita kan berikan kisi-kisi, di Permenpannya kan ada kisi-kisi. Seandainya bimbingan tes buat soal berdasarkan kisi kisi itu silakan saja. Tidak susah juga buat soal (CPNS) seperti itu," tandas dia.

1 dari 1 halaman

Tes Dimulai 27 Januari

27 januari

Adapun tahap tes SKD rencananya akan dimulai pada 27 Januari hingga 28 Februari 2020. Materi pada ujian ini meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Lebih lanjut, Menteri Tjahjo pun menegaskan bahwa proses penyusunan naskah soal SKD CPNS 2019 dibuat atas dasar kehati-hatian, jaminan kerahasiaan, serta keamanan data.

"Kita bersama berharap agar proses seleksi CPNS tahun anggaran 2019 berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN. Pada akhirnya dapat menghasilkan CPNS yang berdaya saing, kompeten, berintegritas, guna mewujudkan kondisi Indonesia yang lebih maju," serunya.

[bim]

Baca juga:
Jelang Tes CAT SKD CPNS 2019, Berikut Aturan Baru Pelaksanaan untuk Diperhatikan
Forum Honorer Minta Seleksi PNS Dilakukan Transparan dan Tidak Ada 'Titipan'
Hari ini, Instansi Penyelenggara SKD CPNS 2019 Wajib Umumkan Jadwal dan Lokasi Tes
Waspada, Tengah Beredar Hoaks Tawaran Bisa Jadi CPNS Tanpa Tes
MenPan-RB: Soal Ujian CPNS 2019 Sudah di BKN
Mendikbud Nadiem Makarim Serahkan Naskah Soal Tes CPNS ke Panselnas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini