Berani Berubah: Berdayakan Jemaah Masjid Demi Ketahanan Pangan

Senin, 26 Juli 2021 07:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Berani Berubah: Berdayakan Jemaah Masjid Demi Ketahanan Pangan Tanaman Hidroponik di Atas Masjid. istimewa

Merdeka.com - Sofyan, bersama rekan pengurus masjid dan warga sekitar, mengolah tanaman hidroponik. Dengan menggunakan lahan seluas 200 meter persegi di atas Masjid Jami Baitussalam, Jakarta Barat, mereka membuat 2.142 lubang untuk ditanami lima jenis sayuran.

"MB Farm dimulai awal pandemi, kurang lebih bulan Maret 2020 terbentuk MB Farm. Kita para petani didukung Ketua DKM membuat sistem hidroponik yang berada di rooftop Masjid Baitussalam," kata Sofyan.

Kegiatan bertani hidroponik pertama kali dicetuskan Ketua DKM Masjid Jami Baitussalam Dwi Sudaryono. Beliau ingin agar ada kegiatan di masjid tersebut. Akhirnya terpilih 15 anggota, enam diantaranya anggota yang kini aktif merawat tanaman hidroponik.

"Ya awalnya memang semua kita prihatin, termasuk saya juga prihatin karena adanya pandemi Covid-19. Jadi banyak jemaah masjid, pengurus juga, pengurus DKM yang kena PHK atau dirumahkan, atau tidak ada kegiatan sama sekali setelah pandemi," kata Dwi.

Menurut Dwi, bertani hidroponik menjadi salah satu kegiatan yang banyak menghasilkan dan cepat perputarannya. Hasil dari penjualan tanaman hidroponik sebagian untuk pemasukan masjid dan sebagian lainnya untuk anggota.

Sofyan, pengurus tanaman hidroponik yang juga anggota pengurus masjid menjelaskan keuntungan menanam hidroponik. Menurutnya, hasil dari tanaman hidroponik lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida.

Tiap sebulan sekali, Sofyan dan sesama rekannya panen tanaman hidroponik dan menghasilkan 400 gram per-pack dengan harga Rp10.000. Hasil penjualan tanaman hidroponik kemudian disumbangkan untuk fasilitas masjid dan pemasukan warga yang ikut membantu.

"Ya karena kan kita semangat, posisi kita kan yang pertama kan di masjid. Yang kedua kan buat mendukung perekonomian umat juga, fasilitas masjid juga," kata Sofyan. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini