Bank Mandiri Bakal Bangun Kantor Perwakilan di Ibu Kota Baru

Rabu, 28 Agustus 2019 17:35 Reporter : Merdeka
Bank Mandiri Bakal Bangun Kantor Perwakilan di Ibu Kota Baru RUPS PT Bank Mandiri. ©Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Merdeka.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan bakal ikut berpartisipasi dalam pembangunan ibu kota baru yang ditetapkan berada di Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Terkait rencana pembangunan ibu kota baru di Kalimantan, jelas kami akan berpartisipasi karena kami pelat merah," ujar Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Panji Irawan di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (28/8).

Panji menambahkan, pihaknya pasti juga akan membangun gedung perkantoran di sana. Namun, Bank Mandiri masih menunggu kepastian tata ruang, tata kota dan kepastian lokasi ibu kota baru dari pemerintah.

"Pasti di titik itu kami akan membangun minimalnya membangun kantor perwakilan Bank Mandiri pusat di Kalimantan. Apakah semuanya akan pindah ke Kalimantan nanti kita lihat perkembangan lebih lanjut sesuai kepastian bentuknya seperti apa," imbuhnya.

Dia mengatakan, hal pertama yang akan dibangun Bank Mandiri di ibu kota baru yakni gedung perkantoran dan juga perumahan atau hunian bagi para pekerjanya. Sebab, saat ini Bank Mandiri belum memiliki kantor cabang di jantung Ibu Kota baru tersebut.

"Pasti di titik-titik itu kami akan membangun minimal-minimalnya ada kantor perwakilan dari Bank Mandiri pusat yang ada di Kalimantan. Kebetulan kami memang memiliki banyak sekali kantor di Kalimantan, tapi di Ibu kota baru ini belum ada. Jadi kalau kita mau masuk ke sana minimal ada kantor, lalu juga ada tempat nanti kalau direksi ke sana nginepnya di mana. Enggak mungkin Mandiri enggak punya gedung di situ, pasti punya," tutur dia.

Selain itu, Bank Mandiri juga akan membuat Mandiri Club untuk tempat singgah direksi saat berkunjung ke ibu kota baru. Meski demikian, langkah yang diambil perseroan tak akan gegabah. Pihaknya akan melihat dan mempelajari terlebih dahulu tata ruang, tata kota, dan kepastian lokasi di Ibu Kota baru secara lebih nyata.

"Tetapi bentuknya seperti apa nanti kita lihat desain dari rancangan baru yang sudah memiliki kekuatan hukum. Karena nanti ini pasti orang akan mencari lokasi paling strategis di situ. Tapi kami mau dengar dulu tata ruangnya, tata kotanya, baru nanti akan kita putuskan," jelasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini