ASDP Bakal Perluas Kapasitas Pelabuhan Merak, Bisa Tampung 55 Ribu Kendaraan

Rabu, 29 Juni 2022 14:10 Reporter : Merdeka
ASDP Bakal Perluas Kapasitas Pelabuhan Merak, Bisa Tampung 55 Ribu Kendaraan Pelabuhan Merak. ©2019 Merdeka.com/Dwi Prasetyo

Merdeka.com - Pelabuhan Merak kerap jadi salah satu titik terpadat saat momen mudik Lebaran tiba. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) selaku pengelola pelabuhan lantas berencana untuk memperluas kapasitas dan melengkapi fasilitas, guna menunjang kelancaran di sana.

Direktur perencanaan dan pengembangan ASDP Harry Muhammad Adhi Caksono mengatakan, untuk jangka menengah panjang, pihaknya tengah mendesain untuk penambahan tiga dermaga baru, di mana saat ini ada 7 dermaga di Pelabuhan Merak.

"Sehingga dari kapasitasnya dari 36 ribu kendaraan menjadi 55 ribu kendaraan. Di jangka lebih panjang lagi bisa ditambah menjadi 4 dermaga terkait dengan infrastruktur," terangnya saat rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (29/6).

Untuk jangka menengah, Pelabuhan Merak bakal memperluas area parkir dengan memindahkan stasiun kereta api yang saat ini ada di dalam pelabuhan. "Jadi diarahkan untuk di luar pelabuhan, sehingga sejajar dengan terminal terpadu Merak dan terminal eksekutif," imbuhnya.

Dari sisi internal, ASDP cabang Merak pun berencana melakukan relokasi kantor, memperluas dan menambah area parkir, hingga perapihan tol gate di sirkulasi dermaga 7 dan 1. "Dalam jangka panjang, dari sisi aksesibilitas, mengusulkan adanya perpanjangan jalan tol, jalan layang dari exit tol Merak ke pintu masuk dermaga reguler dan dermaga eksekutif," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Diduga Rem Blong, Truk Tangki Bermuatan 12 Ton Cairan Asam Terguling di Merak
Kemenhub Waspadai 2 Titik Lokasi Potensi Macet Saat Mudik Lebaran 2023
Menurun, 36.998 Penumpang Tercatat Bertolak ke Pulau Jawa dari Pelabuhan Bakauheni
Kapolda Banten Prediksi Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak Hingga 10 Mei 2022
H+2 Lebaran 2022, 68.917 Pemudik dari Sumatera Kembali Melalui Pelabuhan Merak
Jokowi Soroti Antrean Pemudik di Pelabuhan Merak-Bakauheni: Dermaga Perlu Ditambah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini