Puluhan Orang 'Serbu' RS di Makassar, Ambil Paksa Jenazah PDP Covid-19

Minggu, 7 Juni 2020 07:49 Reporter : Billy Adytya
Puluhan Orang 'Serbu' RS di Makassar, Ambil Paksa Jenazah PDP Covid-19 Puluhan Orang Serbu RS di Makassar Ambil Paksa Jenazah PDP Covid-19. Instagram/@makasar_iinfo ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Virus corona atau covid-19 yang hingga kini masih menjadi pandemi dunia diketahui sudah memakan banyak korban. Di Indonesia, korban meninggal dan memiliki kaitan dengan kasus infeksi virus corona harus dimakamkan sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan demi mencegah penularannya.

Namun, beberapa kalangan masih belum sadar dan tak mampu mengindahkan kebijakan protokol kesehatan itu. Seperti peristiwa yang baru terjadi dan viral di media sosial, puluhan warga mendatangi salah satu Rumah Sakit di Makassar, Sulawesi Selatan guna menjemput serta mengambil paksa jenazah PDP (Pasien Dalam Pemantauan) Covid-19. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

Ambil Paksa Jenazah PDP Virus Corona

Demi mencegah penularan virus corona atau covid-19, Indonesia tengah menerapkan beberapa protokol kesehatan. Salah satunya adalah menguburkan jenazah seseorang yang berkaitan dengan virus sesuai prosedur, namun tak semua masyarakat dapat menerima kebijakan ini.

puluhan orang serbu rs di makassar ambil paksa jenazah pdp covid 19

Instagram/@makasar_iinfo ©2020 Merdeka.com

Pada Jumat (5/6) lalu, sebuah peristiwa viral terjadi kembali di Makassar, Sulawesi Selatan. Pihak keluarga salah seorang Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang sudah meninggal, tengah mengambil jenazahnya secara paksa.

2 dari 6 halaman

Viral di Media Sosial

Aksi tersebut terekam dalam video yang diunggah akun Instagram @makasar_iinfo pada Sabtu (6/6) kemarin. Sontak saja kejadian ini mampu membuat kasusnya menjadi viral.

puluhan orang serbu rs di makassar ambil paksa jenazah pdp covid 19

Instagram/@makasar_iinfo ©2020 Merdeka.com

"KELUARGA AMBIL PAKSA JENAZAH PDP. Pengambilan paksa jenazah pasien dalam pengawasan ( PDP) kembali terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan," tulis akun.

3 dari 6 halaman

Diserbu Puluhan Orang

Menurut keterangan video yang viral, peristiwa tersebut terjadi di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar, Sulawesi Selatan. Momen itu memperlihatkan puluhan orang yang datang menyerbu rumah sakit, guna mengambil paksa jenazah PDP covid-19.

puluhan orang serbu rs di makassar ambil paksa jenazah pdp covid 19

Instagram/@makasar_iinfo ©2020 Merdeka.com

"Kali ini terjadi di Rumah Sakit Labuang Baji Makassar. Puluhan orang mendatangi rumah sakit untuk mengambil jenazah PDP," lanjut akun memberikan keterangan.

4 dari 6 halaman

Tak Ingin Jenazah Dimakamkan Sesuai Prosedur

Sangat disayangkan, peristiwa tersebut terjadi lantaran pihak keluarga yang tak menghendaki jenazah PDP covid-19 dimakamkan sesuai dengan prosedur kesehatan yang sudah diterapkan. Sementara protokol tersebut perlu dilakukan guna mencegah sanak saudara yang lain tak ikut tertular virus, jika pada akhirnya dipastikan bahwa PDP tersebut memang sudah terjangkit covid-19.

puluhan orang serbu rs di makassar ambil paksa jenazah pdp covid 19

Instagram/@makasar_iinfo ©2020 Merdeka.com

"Karena tidak ingin pemakaman berlangsung sesuai prosedur Covid-19," imbuhnya.

5 dari 6 halaman

Reaksi Warganet

Beredarnya video viral tersebut di media sosial membuat para warganet memberikan reaksinya. Banyak dari mereka yang menyayangkan peristiwa itu dan berkata pentingnya pendidikan dilakukan sejak dini.

"Pentingnya pendidikan sejak dini," tulis komentar akun @newscastleunitedfanatik.

"DARI VIDEO INI SAYA BELAJAR PENTINGYA IMUNISASI SEJAK DINI..DAN PENDIDIKAN SEJAK DINI," lanjut @jo_usd.

6 dari 6 halaman

Video Viral Penjemputan Paksa Jenazah PDP

Berikut adalah video lengkap pengambilan secarah paksa jenazah PDP di Makassar, Sulawesi Selatan yang kian menjadi viral di media sosial.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makasar_iinfo) onJun 5, 2020 at 4:36am PDT

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini