Panji Ungkap Trik Bisa Bikin Tenang Raja Ular Kobra Raksasa Terbesar di Dunia

Rabu, 4 Desember 2019 15:25 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Panji Ungkap Trik Bisa Bikin Tenang Raja Ular Kobra Raksasa Terbesar di Dunia Panji Petualang. ©2019 Instagram Panji Petualang

Merdeka.com - Deddy Corbuzier mengundang Panji Petualang di segmen bincang-bincang Channel Youtubenya. Video ini diunggah Selasa (3/12) kemarin dan sudah dilihat lebih dari 150 ribu kali.

Di video berdurasi 23 menit 32 detik tersebut, Panji membawa ular king kobra miliknya. Pria yang pernah menjadi pembawa acara Petualangan Panji ini tampak santai memegangi sang raja ular.

Panji juga sempat menunjukkan cairan bisa langsung dari taring sang ular. Panji tampak tenang, sedangkan seluruh kru Deddy Corbuzier ketakutan.

Begini cerita dan trik Panji agar bisa membuat ular king kobra menjadi tenang dan tidak menyerang orang di sekitarnya:

1 dari 5 halaman

Perlu Ikatan yang Kuat dengan King Kobra

Deddy Corbuzier dibuat penasaran dengan aksi Panji yang tenang saat bersama ular raksasa paling berbisa di dunia itu. Panji menyebutkan, perlu ada ikatan kuat, agar sang ular tenang berada di sampingnya.

panji petualang

2019 Youtube Deddy Corbuzier

"Secara logika memang tak akan pernah bisa dijelasin. Jadi ikatan Panji dengan King Kobra, mau King Kobra manapun... Aku masih bisa bikin mereka tenang, kayak gini," jelas Panji sambil memegangi ular di tangannya.

Menurut Panji, perlu keahlian khusus agar memiliki kemampuan seperti yang ia miliki. Tidak bisa sembarangan, atau coba-coba karena bisa membuat manusia celaka.

2 dari 5 halaman

Pengalaman dan Sikap Terhadap King Kobra

Panji sudah memiliki riwayat dekat dengan hewan-hewan liar terutama reptil. Ia bahkan memiliki banyak ular di rumahnya. Ikatan kuat antara ular kobra dan Panji, membuat Deddy kagum.


panji petualang

2019 Instagram Panji Petualang

"Lu mengerti dia banget, basic pengalaman dan sebagainya," ujar Deddy dan dibenarkan oleh Panji. Selain pengalaman sikap kita dengan hewan, dalam hal ini ular kobra, sangat penting untuk menjalin ikatan.

"Dan, gue gak mau kasar ke mereka, Om. Walaupun mereka kasar ke gue, gue gak akan pernah kasar ke ular," jawab Panji sambil memainkan ular kobra dengan santainya.

3 dari 5 halaman

Ular Juga Punya Insting

Cara memperlakukan ular, bagi Panji ketulusan itu penting. Karena menurutnya, sedingin dan semengerikan apapun perilaku ular, mereka masih punya insting untuk mengetahui maksud manusia.


panji petualang

2019 Instagram Panji Petualang

"Ketika mereka tahu kita tidak tulus, udah pasti gigit. Dan kita bisa mati dari gigitan itu," jelas Panji.

Dalam salah satu video Panji, ia pernah mengatakan kalau ular bisa menangis karena ia mengambil telur-telurnya. "Itu improvisasi aja sih, Om. Soalnya waktu itu, dia ngluarin suara kenceng," cerita Panji.

4 dari 5 halaman

Panji Punya 1 Ular King Kobra dan 2 Ular Kobra

Panji dikenal sangat menggemari hewan liar, terutama reptil. Di rumahnya, ada banyak hewan reptil yang ia pelihara. Salah satunya ular King Kobra yang ia bawa ke studio Deddy.


panji petualang

2019 Instagram Panji Petualang

"Kalau King Kobra cuma satu ini. Kalau Kobra ada 2, itu hasil rescue dan besok mau dilepas lagi ke alam liar," ujar Panji.

Ayah dua orang anak ini lalu menjelaskan kalau King Kobra berbeda dengan Kobra biasa.

"King Kobra bisa tumbuh hingga enam meter, sedangkan Kobra cuma satu setengah meter," lanjut Panji. King Kobra merupakan pemakan ular, sedangkan Kobra pemakan tikus. Dan, ular King Kobra jauh lebih berbahaya dari Kobra.

5 dari 5 halaman

Tips Penanganan Pertama Tergigit Ular

Tidak hanya berbagi pengalaman dan trik untuk menenangkan ular saja, Panji juga membagikan tips penanganan pertama gigitan ular. Imobilisasi adalah tips utama untuk mencegah penyebaran bisa ular.

"Ketika kita tergigit ular berbisa... racunnya tidak langsung menjalar lewat darah. Racun akan tertahan di kelenjar getah bening. Fasenya bisa sampai 2-3 jam," jelas Panji.

Pertolongan pertama yang tepat ialah pemberian gips seperti patah tulang. Karena semakin banyak gerak otot, akan membuat racun lebih cepat menyebar, lalu segera bawa ke rumah sakit.

"Tapi akan lebih baik gak main King Kobra, jangan kayak Panji," ujar Panji.

[snw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini