Masyarakat Banyak Salah Sangka karena Takut Corona, Ini Manfaat Sebenarnya Masker N95

Kamis, 13 Februari 2020 15:13 Reporter : Kurnia Azizah
Masyarakat Banyak Salah Sangka karena Takut Corona, Ini Manfaat Sebenarnya Masker N95 Masker N95. © California Healthline

Merdeka.com - Virus Corona telah menelan korban jiwa sekitar 1.300 orang di Wuhan, China. Virus mematikan ini membuat seluruh dunia resah. Salah satu mencegah tertular virus dengan mengenakan masker.

Sekretaris Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto mengimbau masyarakat agar menggunakan masker. "Orang kalau batuk atau pilek, apapun penyebabnya mau virus atau bakteri seharusnya dia menggunakan masker supaya problem-nya tertahan di masker," katanya.

Maraknya virus corona menyebabkan kebutuhan akan masker semakin meningkat hingga beberapa negarat terpaksa harus membeli ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu yang paling diincar ialah masker N95.

Apakah Anda tahu manfaat sebenarnya dari masker N95? Berikut ulasannya dari berbagai sumber:

1 dari 6 halaman

Manfaat Masker N95

1. Digunakan Saat Kabut Asap Melimpah

Penggunaan masker N95 biasanya diperuntukkan oleh para relawan dan masyarakat yang wilayahnya mengalami insiden kebakaran hutan. Kabut asap yang keterlaluan hingga jarak pandang terganggu, asma, sakit ISPA, dan efek buruk lainnya.

Masker N95 sebenarnya dirancang khusus untuk orang lapangan yang sering menjumpai debu atau partikel-partikel kecil. Disarankan bagi Anda yang sedang menderita influenza dan gangguan penapasan ringan.

Perlu diingat, bahwa masker N95 tidak disarankan bagi penderita penyakit paru kronis, kardiovaskular, ibu hamil, dan lansia. Karena pori-porinya yang kecil, memicu terjadinya sesak napas.

2 dari 6 halaman

2. Melindungi dari Penyakit

Menurut Sekretaris Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan,Achmad Yurianto, masker N95 tidak didesain untuk masker kesehatan, melainkan untuk tenaga laboratorium yang udaranya bersih supaya spora tidak masuk. "N95 tidak direkomendasi untuk ini (sehari-hari), kecuali kita bekerja di laboratorium," katanya.

2020 Merdeka.com



Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) mengungkapkan bahwa masker N95 menjadi strategi pengendalian infeksi. Masker ini bisa membantu menahan partikel udara hingga 0,3 mikron yang mungkin mengandung kuman (virus dan bakteri), serta menjaga mulut dan hidung.

Masker N95 juga dapat membantu mengurangi paparan air liur dari sekresi pernapasan orang lain. Pori-pori maskernya sangat lembut, jadi cocok sebagai penangkal, namun tidak tepat bila digunakan sehari-hari.

3 dari 6 halaman

3. Anti Polutan

Manfaat sebenarnya masker N95 selanjutnya ialah melindungi dari partikel kecil mencapai 95 persen. Angka yang terletak di belakang kode N menunjukkan bahwa masker anti polutan ini mampu menyaring debu, jamur, dan 2.5PM (Particular matter). Angka 95 tersebut menunjukkan efektivitasnya dalam menyaring udara. Ada pula masker N99 dan N100 dengan kemampuan lebih.

4. Perlindungan Sekali Pakai

Masker N95 memiliki kesamaan dengan masker yang lain, yakni cukup digunakan sekali pakai saja. Apabila sudah rusak atau kotor, bisa membuat pemakainya lebih susah bernapas. Pastikan Anda mencuci tangan dahulu sebelum memegang atau menggunakan masker. Menggunakan masker N95 juga tidak dianjurkan lebih dari 8 jam.

4 dari 6 halaman

5. Digunakan dalam Industri

Manfaat sebenarnya masker N95 ialah digunakan dalam industri. Sudah sejak lama masker putih berbentuk lingkaran ini digunakan untuk melindungi kuli bangunan. Kefektifannya telah diuji oleh Personal Protective Laboratorium Teknologi Nasional (NPPTL) di NIOSH, di bawah Pusat Pengendalian dan Pencegahan (CDC) Penyakit.

2020 Merdeka.com

5 dari 6 halaman

Masker N95 Hanya untuk Usia Tertentu

Sayangnya manfaat sebenarnya masker N95 ternyata tidak bisa diterima oleh semua kalangan. Sebab, masker ini tidak disarankan untuk anak -anak, menurut Natalie Epton, Dokter Spesialis anak. Dikhawatirkan malah memberi mereka efek buruk.

Perlunya individual fit test sebelumnya untuk mengetahui kecocokan dengan pemakainya. Hal ini untuk menjamin kemampuan proteksinya, serta mengetahui apakah penggunaannya dapat membantu atau malah menimbulkan risiko.

6 dari 6 halaman

Cara Pakai Masker N95

  • Pertama, pastikan bahwa tangan Anda sudah steril atau dicuci bersih.
  • Lalu pasangkan nose clip di atas hidung, seluruh bagian masker telah menutup mulut dan hidung. Tekuk nose clip agar benar-benar menempel
  • Pegang kedua tali dan sangkutkan ke telinga kanan dan kiri. Ada pula masker N95 dengan tali yang dilingkarkan ke belakang kepala. Mirip dengan masker biasa pada umumnya, namun memiliki bahan yang lebih kokoh dan pori-pori lembut.
  • Cek dan rapatkan masker hingga menyentuh dagu.
  • Pastikan masker N95 benar-benar menempel pada kulit dan tidak ada celah terbuka.
  • Masker sebaiknya tidak terhalang oleh jenggot. Karena ini bisa membuat masker 'bocor' dan membuka jalur masuk udara kotor.

Kemudian tarik napas dengan cukup kuat, jika seluruh permukaan masker tertarik ke arah wajah, berarti kemungkinan Anda sudah memakai masker N95 dengan benar. Karena menghirup udara yang terperangkap di antara wajah dan lapisan masker, bukan dari luar.

Sebaliknya, jika masker tidak mengatup sempurna, kemungkinan ada celah hingga Anda menghirup udara dari luar. Bersihkan tangan dan ulangi cara pakai masker N95 dari awal, pastikan menggunakan dengan benar.

CNN




[kur]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini