Makanan untuk Orang Tipes yang Bantu Proses Penyembuhan

Selasa, 28 Juni 2022 09:30 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Makanan untuk Orang Tipes yang Bantu Proses Penyembuhan Ilustrasi sakit. ©2012 Shutterstock/StockLite

Merdeka.com - Makanan untuk orang tipes tentu tidak boleh sembarangan. Tipes atau demam tifoid terjadi dikarenakan infeksi bakteri jenis Salmonella Typhi yang menyerang saluran pencernaan. Penyebabnya tentu ketika penderitanya mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri.

Penyakit ini biasanya menyebabkan demam tinggi, sakit perut, mual, diare, tubuh pegal, dan lain sebagainya. Seseorang yang menderita tipes biasanya disarankan untuk beristirahat total di rumah atau rumah sakit.

Penderita juga harus menjaga makanannya dan disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa mempercepat proses penyembuhan. Apa saja? simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman hellosehat dan berbagai sumber, Selasa (28/6/2022):

2 dari 7 halaman

Makanan untuk Orang Tipes

1. Makanan Bertekstur Lunak

Tipes adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Untuk itu, penderitanya dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lunak, lembek, berkuah, agar mudah dicerna.

Selain itu, pemberian makanan yang lunak dan lembek ini juga bertujuan untuk menghindari komplikasi tipes berupa perdarahan di usus serta perforasi usus (munculnya lubang pada dinding usus).

Berikan makanan seperti bubur atau sup kepada penderita tipes. Jika mengharuskan mengonsumsi makanan yang bertekstur keras, cobalah untuk mengunyahnya sampai benar-benar halus. [khu]

Baca juga:
Tujuan WTO untuk Perdagangan Dunia, Ketahui Pula Sejarah Beserta Fungsi & Prinsipnya
Jenis Kejang yang Bisa Dialami Bayi dan Anak-Anak, Orang Tua Harus Waspada

3 dari 7 halaman

2. Makanan Tinggi Kalori

ilustrasi pisang
©Pexels

Orang yang menderita tipes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Makanan berkalori tinggi dapat membantu mempercepat pemulihan orang yang sakit tipes. Ini karena asupan kalori dari makanan dapat mencegah penurunan berat badan yang drastis akibat tipes.

Makanan berkalori tinggi seperti kentang rebus, pisang, pasta, dan nasi. Dalam porsi yang cukup alias tidak berlebihan, makanan ini akan memberikan energi dan kekuatan untuk bagi penderita tipes.

Selain berkalori tinggi, penting juga untuk memerhatikan kandungan gizi dalam makanan, terutama protein. Protein dapat menjadi sumber tenaga dan zat pembangun yang berperan dalam pertumbuhan serta pemeliharaan jaringan yang rusak.

4 dari 7 halaman

3. Makanan Tinggi Protein

Selain berkalori tinggi, protein juga bagus untuk membantu proses penyembuhan penderita tipes. Sebab, protein mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan protein mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi. Adapun makanan yang bisa dikonsumsi seperti dada ayam, hati ayam, telur, ikan, tahu, tempe, yoghurt, dan keju.

Makanan-Makanan tersebut sebaiknya diolah menjadi makanan yang lebih lunak dan berukuran kecil. Anda bisa mengolahnya dan memasukannya ke dalam bubur atau sup.

4. Makanan Rendah Serat

Seseorang yang menderita tipes dilarang untuk mengonsumsi makanan tinggi serat untuk sementara waktu. Sebab, makanan yang banyak mengandung serat sulit dicerna dan dapat mengiritasi usus.

Jika akan mengonsumsi buah dan sayur pilihlah yang memiliki kandungan serat rendah. Seperti jus buah tanpa ampas, pisang, alpukat, kentang, dan tomat.

5 dari 7 halaman

5. Penuhi Kebutuhan Cairan

ilustrasi air putih

Shutterstock/Panom Pensawang

Tipes bisa membuat seseorang mengalami diare hingga rentan mengalami dehidrasi. Untuk itu, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

Selain asupan cairan, keseimbangan elektrolit di dalam tubuh perlu dijaga agar Anda cepat sembuh dari penyakit tipes. Caranya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air, seperti melon, semangka, tomat, atau anggur.

Jangan lupa juga untuk menjaga asupan air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap hari. Dehidrasi tidak boleh diabaikan karena bisa memicu komplikasi yang lebih serius.

6. Produk Olahan Susu

olahan susu

©2015 Merdeka.com/www.foodnavigator-usa.com

Makanan untuk tipes selanjutnya adalah produk olahan susu. Mengonsumsi makanan olahan susu sangat disarankan untuk penderita tipes. Hal ini karena makanan olahan susu dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh.

Yogurt, susu, dan telur akan memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup asupan protein, sehingga baik dikonsumsi untuk pemulihan penyakit tipes.

6 dari 7 halaman

Tips Makan untuk Orang Tipes

Orang yang menderita tipes biasanya akan kehilangan nafsu makan. Namun, asupan makanan tetap harus terjaga untuk membantu proses penyembuhan. Untuk mengatasinya, bisa melakukan tips seperti di bawah ini:

1. Konsumsi makanan yang cair seperti jus buah dan sayur ketika tidak nafsu makan.
Makan dalam porsi sedikit, tapi sering.

2. Perlahan naikkan tekstur makanan Anda, seiring dengan kondisi kesehatan yang membaik.

3. Ganti makanan cair dengan yang lunak, seperti bubur atau kentang rebus tumbuk.
Ketika gejala tipes mulai berkurang, mulai makan makanan yang telah disebutkan di atas dengan tekstur normal.

7 dari 7 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Tipes

ilustrasi sakit perut
©iStockphoto
  1. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi, seperti sereal, gandum, dan roti gandum karena dapat mengganggu sistem pencernaan karena sifatnya yang sulit dicerna.
  2. Makanan berminyak, digoreng, atau diolah menggunakan mentega sehingga menghasilkan minyak juga harus dihindari.
  3. Makanan mengandung rempah, bumbu, dan makanan dengan kandungan asam asetat dapat membuat peradangan pada usus menjadi lebih buruk. Jadi, hindari lada, cabai, cuka, saus (saus pedas maupun saus salad), dan sayuran atau buah yang dikemas dalam kaleng.
  4. Sayuran mentah, seperti kol atau lobak karena bisa berpotensi membuat perut menjadi kembung dan begah.

Menghindari beberapa jenis makanan di atas akan membantu mempercepat proses penyembuhan tipes dan menghindari adanya komplikasi iritasi di usus.

Baca juga:
Tujuan WTO untuk Perdagangan Dunia, Ketahui Pula Sejarah Beserta Fungsi & Prinsipnya
Jenis Kejang yang Bisa Dialami Bayi dan Anak-Anak, Orang Tua Harus Waspada



Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini