Kapan Puasa Idul Adha 2022? Ini Penjelasan Lengkapnya

Rabu, 29 Juni 2022 13:18 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Kapan Puasa Idul Adha 2022? Ini Penjelasan Lengkapnya ilustrasi puasa. ©blogspot.com

Merdeka.com - Kapan puasa Idul Adha 2022? Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha ada dua puasa sunah yang biasanya dikerjakan oleh umat Islam. Puasa ini adalah Tarwiyah dan Arafah. Bisa disebut juga puasa Dzulhijjah karena dilaksanakan pada bulan tersebut.

Dua puasa ini dikerjakan pada 8 dan 9 Dzulhijjah. Asal mula puasa Tarwiyah ini berdasarkan kisah Nabi Ibrahim AS yang bermimpi mendapatkan perintah untuk menyembelih sang putra, Nabi Ismail AS. Sedangkan puasa Arafah merupakan puasa sunah yang dikerjakan pada 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha.

Bertepatan pada puasa Arafah ini, jamaah haji melakukan wuquf di Padang Arafah. Bagi umat muslim yang tidak menunaikan haji disunahkan untuk berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah. Lalu, puasa sunah Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal berapa? Simak ulasannya:

2 dari 5 halaman

Tanggal Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha

1. Tanggal Berapa Puasa Dzulhijjah

Puasa sunnah Dzulhijjah dapat dilaksanakan mulai 1 hingga 7 Dzulhijjah. Dalam kalender masehi jatuh pada tanggal 30 Juni 2022 hingga 6 Juli 2022.

Anjuran puasa sunnah di bulan Dzulhijjah ini berdasarkan salah satu hadis shahih. Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada amal yang dilakukan pada hari-hari lain yang lebih baik daripada yang dilakukan pada sepuluh hari ini para sahabat bertanya, ‘Tidak juga dari jihad fi sabilillah?’ Beliau menjawab: ‘Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya." (HR. Bukhari).

2. Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah atau dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah, yakni jatuh pada hari Kamis, 7 Juli 2022.

3. Puasa Arafah

Sementara itu, puasa Arafah dilaksanakan satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha 2022. Berdasarkan kalender Islam, puasa Arafah dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah 1443 H bertepatan pada Jumat, 8 Juli 2022. [khu]

Baca juga:
Tahun Kelahiran Nabi Muhammad SAW Dikenal dengan Nama Tahun Gajah, Ini Sejarahnya
Fungsi Hipotalamus Bagi Tubuh, Memastikan Sistem Organ berjalan Stabil

3 dari 5 halaman

Bacaan Niat Puasa

Setelah mengetahui tanggal berapa puasa sunnah Idul Adha, ada baiknya umat Islam mengetahui bacaan niat berpuasa.

1. Bacaan niat puasa Dzulhijjah

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ

Artinya:"Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’âlâ."

2. Bacaan niat puasa Tarwiyah

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ

Artinya:"Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’âlâ."

3. Bacaan niat puasa Arafah

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ

Artinya:"Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’âlâ."

Baca juga:
Tahun Kelahiran Nabi Muhammad SAW Dikenal dengan Nama Tahun Gajah, Ini Sejarahnya
Fungsi Hipotalamus Bagi Tubuh, Memastikan Sistem Organ berjalan Stabil



4 dari 5 halaman

Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Sebagai salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, bulan Dzulhijjah mampunyai beberapa keutamaan tersendiri. Melansir dari NU Online, berikut keutamaan puasa Dzulhijjah yang dapat diketahui:

1. Pahala Dilipatgandakan

Umat Islam akan mendapatkan pelipatan pahala ketika memperbanyak ibadah dan berpuasa di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:



مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: "Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar." (HR At-Trmidzi).

2. Penghapusan Dosa

Menjalani ibadah puasa sunnah pada tanggal 9 Dzulhijjah (Hari Arafah) mampu membantu umat Islam menghapus dosa selama dua tahun. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:



صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

Menurut mayoritas ulama, dosa-dosa yang dihapus karena puasa Arafah yaitu dosa kecil. (An-Nawawi, Syarah Muslim, juz 3, h. 113).


5 dari 5 halaman

3. Hari Pembebasan dari Siksa Neraka

Rasulullah SAW bersabda:



مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟

Artinya: "Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim).

Baca juga:
Tahun Kelahiran Nabi Muhammad SAW Dikenal dengan Nama Tahun Gajah, Ini Sejarahnya
Fungsi Hipotalamus Bagi Tubuh, Memastikan Sistem Organ berjalan Stabil

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini