Dandim Samarinda Kolonel Novi Herdian Tahan Tangis Sambil Peluk Babinsa Kopka Azmiadi

Rabu, 25 Januari 2023 07:57 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Dandim Samarinda Kolonel Novi Herdian Tahan Tangis Sambil Peluk Babinsa Kopka Azmiadi Babinsa Sungai Dama Kopka Azmiadi. ©2023 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Kopka Azmiadi belakangan menjadi sorotan. Babinsa Sungai Dama dari Kodim 0901/Samarinda ini rela menggadai motornya demi sewa alat berat untuk evakuasi trailer melintang di tanjakan jalan di Samarinda.

Aksinya ini pun banyak dipuji oleh masyarakat luas. Tak terkecuali Dandim Samarinda yang menahan tangis sambil peluk Azmiadi. Lantas bagaimana momen Dandim Samarinda peluk Kopka Azmiadi sambil menahan tangisnya?

Melansir dari akun YouTube Kodimsamarinda, Rabu (25/1), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 6 halaman

Truk Dievakuasi dengan Excavator

Diberitakan sebelumnya, truk trailer memuat mesin berat bernomor polisi N 8354 RE tidak kuat menanjak di Jalan Otto Iskandardinata, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (18/1) dini hari sekitar pukul 02.30 WITA. Kondisi trailer tersebut memalang badan jalan. Ratusan pengguna kendaraa harus memutar jalan lainnya yang mengakibatkan kemacetan parah.

dandim samarinda tahan tangis sambil peluk babinsa kopka azmiadi
YouTube Kodimsamarinda ©2023 Merdeka.com

"Alhamdulillah, akhirnya bisa juga kendaraan lewat," ujar wanita yang merekam video.

"Alhamdulillah, truk nya sudah dievakuasi ya guys," jelasnya.

Hingga tengah hari setelah sempat menemui jalan buntu, akhirnya disepakati menggunakan ekskavator mendorong trailer dan menarik trailer tersebut menggunakan dua Dump Truck. Diperlukan Rp22 juta untuk menyewa alat berat karena pihak perusahaan enggan bertanggung jawab. Sempat muncul pertanyaan sumber dana menyewa alat berat saat itu.

3 dari 6 halaman

Gadaikan Motor

dandim samarinda tahan tangis sambil peluk babinsa kopka azmiadi
YouTube Kodimsamarinda ©2023 Merdeka.com

"Yang jelas di atas Rp10 juta Pak," ujar Kopka Azmiadi.

"Saya gadaikan motor Pak," ujarnya saat ditanya dana tersebut dapat dari mana.

Namun kini, motornya telah ditebus kembali. Azmiadi dihadiahi satu motor dan uang Rp10 Juta dari Wali Kota Samarinda Andi Harun, tepat di hari jadi Kota Samarinda ke-366 tahun dan Pemerintah Kota Samarinda yang ke-63 tahun pada Sabtu (21/1) lalu.

4 dari 6 halaman

Alasan Sampai Gadai Motor

dandim samarinda tahan tangis sambil peluk babinsa kopka azmiadi
YouTube Kodimsamarinda ©2023 Merdeka.com

"Untuk apa Pak?," tanya pria ini.

"Untuk kepentingan rakyat supaya arus (lalu lintas) lancar, bisa normal kembali. Kasihan yang mau berangkat, mau pergi. Tidak ada hambatan lagi Pak," ungkap Azmiadi.

"Semata-mata murni, mohon maaf jangan salah, saya ambil inisiatif sendiri. Semata-mata demi kepentingan masyarakat saja Pak," sambungnya.

5 dari 6 halaman

Dandim Samarinda Tahan Tangis

Dandim 0901 Samarinda Kolonel Arm Novi Herdian mengganjarnya dengan penghargaan Kamis (19/1) lalu. Bahkan, Novi Herdian sempat terlihat menahan tangisnya. Terlebih saat memeluk Azmiadi usai memberikan penghargaan.

dandim samarinda tahan tangis sambil peluk babinsa kopka azmiadi

YouTube Kodimsamarinda ©2023 Merdeka.com

"Rekan-rekan semuanya, mulai kemarin sore saya diingatkan oleh prajurit saya," ujar Kolonel Novi Herdian, Dandim Samarinda sembari menahan tangisnya.

"Bahwasanya dengan tekad yang besar, dia (Azmiadi) bisa berinisiatif sendiri mendatangkan Excavator. Dan semoga ini bisa membuat semangat untuk kita semuanya bahwa apa yang kita miliki bisa berbuat banyak untuk masyarakat. Terima kasih Kopka Azmiadi," sambungnya lantas memberikan penghargaan dan memeluk sambil menahan air mata.

6 dari 6 halaman

Video Dandim Samarinda Tahan Tangis

Kopka Azmiadi rela menggadai motor miliknya demi sela alat berat untuk evakuasi trailer melintang di tanjakan jalan di Samarinda.

Aksinya ini pun sukses banyak dipuji oleh masyarakat luas. Tak terkecuali Dandim Samarinda yang menahan tangis sambil peluk Azmiadi.

Berikut videonya.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini