Ciri-Ciri Sakit Maag Akut, Pahami dan Ketahui Penyebabnya yang Tak Boleh Disepelekan

Sabtu, 24 September 2022 10:00 Reporter : Billy Adytya
Ciri-Ciri Sakit Maag Akut, Pahami dan Ketahui Penyebabnya yang Tak Boleh Disepelekan Ilustrasi sakit perut. boldsky.com

Merdeka.com - Ciri-ciri sakit maag akut perlu diketahui oleh penderita maag. Sebab penyakit ini akan menjadi gangguan kesehatan serius yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Maag akut biasanya disebut dengan gastritis akut. Gastritis akut kondisi ketika lapisan lambung mengalami peradangan yang timbul atau secara mendadak. Apabila Anda mengalami hal ini, biasanya bagian perut akan merasakan sensasi sakit luar biasa dan sifatnya sementara.

Perlu diingat, apabila maag akut didiamkan dan terus berulang akan bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung. Maag akut ini bisa menyerang karena adanya kerusakan pada lapisan lambung sehingga asam lambung mengiritasi lambung.

Ada beberapa ciri-ciri sakit maag akut dan juga penyebabnya yang perlu Anda pahami. Berikut dilansir dari Alodokter, Jumat (23/9) ulasan selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Penyebab Maag Akut

Ada beberapa penyebab umum yang bisa menyebabkan seseorang menderita maag akut. Diantaranya seperti infeksi bakteri H.pylori yang merupakan jenis bakteri pada saluran cerna.

Bakteri ini sering menyerang dan menyebabkan gangguan berupa peradangan pada lapisan lambung. Ada pula penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid dan kortikosteroid yang juga kerap menjadi penyebab terjadinya maag akut.

ilustrasi sakit perut
pexels

Selanjutnya adalah pengonsumsian terhadap minuman beralkohol yang ternyata juga bisa menjadi pemicu, penyebab maag akut karena menyebabkan iritasi berlebihan pada lambung dan menyebabkan maag akut. Selain tiga yang sudah diatas kondisi lain seperti penyakit autoimun, infeksi virus dan gagal ginjal atau penyakit Crohn bisa juga memicu timbulnya maaf akut yang mengakibatkan rasa perih yang berlebihan.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Sakit Maag Akut

Ciri-ciri sakit maag akut harus tetap Anda waspadai karena akan membahayakan tubuh apabila dibiarkan terjadi terus-menerus. Sebagian orang bisa mengalami maag akut jika tak menyadari karena gejala yang timbul masih ringan.

Tak jarang jika gejala maag akut bisa diabaikan dan tak dianggap serius. Namun sebenarnya ada juga beberapa orang yang mengalami ciri-ciri sakit maag akut dengan rasa cukup mengganggu.

ilustrasi sakit perut

©iStockphoto

Berikut adalah beberapa ciri-ciri sakit maag akut yang umumnya terjadi:

  • Nyeri ulu hati
  • Perut kembung atau terasa penuh, terutama setelah makan
  • Mual
  • Muntah
  • Tidak nafsu makan
  • Rasa panas seperti terbakar pada perut
  • Muntah darah
  • BAB hitam
4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Maag Akut

Apabila Anda mengalami maag akut, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan kondisi tersebut yaitu dengan:

  • Mengurangi konsumsi makanan panas, pedas, dan asam
  • Mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan yang diolah dengan cara digoreng
  • Mengurangi konsumsi minuman yang beralkohol dan berkafein
  • Menghindari makan dalam porsi yang banyak
  • Mengelola stres dengan baik
  • Berhenti merokok

ilustrasi sakit perut

©iStockphoto

Beberapa jenis makanan untuk meredakan keluhan maag akut dapat dikonsumsi serta menjaga agar penyakit tersebut tidak sering kambuh. Makanan-makanan itu adalah makanan rendah lemak (dada ayam dan ikan), makanan rendah asam (sayuran), makanan mengandung probiotik (yoghurt) dan makanan tinggi serat (oatmeal, bayam, pisang, apel).

Maag akut bisa menyerang kapan saja dan siapa saja. Maka mulailah untuk memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan penuh gizi.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini