Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB, Lengkap dengan Contohnya

Rabu, 16 September 2020 13:39 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB, Lengkap dengan Contohnya BPKB STNK. ©imageshack.us

Merdeka.com - Cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB penting untuk diketahui. Selain sebagai pengetahuan, cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB akan bermanfaat jika nantinya Anda membeli kendaraan bermotor.

Menurut laman polri.go.id, terdapat beberapa hal terkait BPKB, di antaranya, BPKB adalah buku yang dikeluarkan/diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor, BPKB berfungsi sebagai Surat Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor, Penerbitan BPKB dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, Spesifikasi teknis dan pengadaan BPKB ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, bersamaan dengan pendaftaran BPKB diberikan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

BPKB merupakan dokumen penting bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang wajib dimiliki. Umumnya, seseorang yang membeli kendaraan baru akan dibantu dalam proses pengurusan BPKB. Pemilik kendaraan pun hanya tinggal menunggu BPKB jadi.

Setelah BPKB jadi, pemilik kendaraan harus mengambil sendiri BPKB miliknya. Tetapi, tak semua orang dapat mengambil BPKB miliknya sendiri. Acara atau kepentingan lain yang bersamaan kerap membuat pemilik BPKB berhalangan untuk mengambil BPKB langsung.

Jika hal ini terjadi, maka meminta tolong orang lain adalah solusinya. Jika Anda ingin meminta tolong orang lain untuk mengambil BPKB milik Anda, maka Anda harus melampirkan surat kuasa.

Banyak orang yang masih bingung tentang cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB. Oleh sebab itu, Merdeka.com telah merangkum cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB dari berbagai sumber.

Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Selanjutnya: Fungsi BPKB...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini