Bacaan Niat Sujud Syukur Beserta Tata Cara dan Doa Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Sabtu, 9 Oktober 2021 09:07 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Bacaan Niat Sujud Syukur Beserta Tata Cara dan Doa Sesuai Ajaran Rasulullah SAW ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Bacaan niat sujud syukur perlu diketahui oleh seluruh umat Islam. Tak hanya niat, tata cara sujud syukur juga harus dilakukan dengan benar. Bagi umat Islam, sujud menjadi salah satu cara untuk bisa berkomunikasi dengan Allah SWT.

Melalui sujud pula, muslim dan muslimah mengakui bila dirinya kecil dan tidak berdaya di hadapan Allah SWT. Dalam ajaran agama Islam, terdapat empat jenis sujud yang dikenal secara luas. Keempat jenis sujud ini adalah sujud dalam salat, sujud tilawah, sujud sahwi dan sujud syukur.

Sujud syukur biasanya dilakukan seseorang sebagai wujud terima kasih atas nikmat dan karunia yang luar biasa dari Tuhan. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah bahwa Sahabat Abu Bakrah mengatakan, "Bila Rasulullah SAW mendapati kemudahan dan kabar gembira, beliau langsung tersungkur bersujud kepada Allah SWT," (HR. Ibnu Majah).

Lantas bagaimana bacaan niat sujud syukur beserta tata cara dan doa sesuai ajaran Rasulullah SAW? Simak ulasan informasinya berikut ini.

Baca Selanjutnya: Hukum Sujud Syukur...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini