Bacaan Dzikir Sebelum Tidur Penghapus Dosa, Kenali Keutamaan serta Arti Lengkapnya

Selasa, 4 Oktober 2022 10:05 Reporter : Mutia Anggraini
Bacaan Dzikir Sebelum Tidur Penghapus Dosa, Kenali Keutamaan serta Arti Lengkapnya ilustrasi dzikir. islamicity.org

Merdeka.com - Membaca dzikir sebelum tidur penghapus dosa dapat dilakukan di malam hari menjelang istirahat. Di waktu ini, tak jarang banyak orang yang senantiasa ingin segera beranjak ke tempat tidur dan merebahkan diri.

Dengan segera, mata akan tertutup dan tubuh dapat berisitirahat hingga beberapa jam ke depan. Namun, tak ada salahnya bagi kita untuk senantiasa berdoa terlebih dahulu sebelum beristirahat panjang hingga pagi.

Membaca doa serta dzikir sebelum tidur penghapus dosa dapat memberi manfaat yang besar bagi tubuh. Tak hanya bagi tubuh, pikiran pun turut mendapat keutamaan dari membaca dzikir sebelum tidur penghapus dosa.

Bahkan, membaca dzikir sebelum tidur juga merupakan salah satu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Lantas, apa saja bacaan dzikir sebelum tidur penghapus dosa yang dapat diamalkan tersebut? Melansir dari laman NU Online, berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.

2 dari 6 halaman

Keutamaan Membaca Dzikir Sebelum Tidur Penghapus Dosa

Sebelum mengetahui bacaan dzikir sebelum tidur penghapus dosa yang lengkap disertai artinya, ada baiknya bagi kita untuk memahami keutamaannya terlebih dahulu. Beberapa keutamaannya sendiri yaitu sebagai berikut.

ilustrasi berdoa
©2022 Merdeka.com/pixabay

1. Menghapus Dosa

Keutamaan pertama dari membaca dzikir sebelum tidur penghapus dosa adalah meluruhkan dosa. Maka dari itu, kegiatan yang satu ini rasanya tak boleh terlewatkan menjelang tidur malam.

Cukup baca dzikir sebelum tidur penghapus dosa dengan sungguh-sungguh, maka keutamaan tersebut dapat diperoleh oleh muslim yang senantiasa bertakwa.

2. Dianjurkan Rasulullah SAW

Dilansir dari laman NU Online, Rasulullah dalam suatu malam pernah mengungkap keutamaan dari membaca dzikir sebelum tidur penghapus dosa. Selain menghapus dosa, seseorang yang membaca dzikir tersebut dapat senantiasa menjadi seorang muslim yang bertakwa.

Dalam sebuah haditsnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berkata kepada Aisyah, "Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal. Pertama, mengkhatamkan al-Qur’an. Kedua, menjadikan para nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga, meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat, melaksanakan haji dan umrah”.

Maka dari itu, Rasulullah SAW senantiasa menganjurkan setiap muslim untuk membaca dzikir sebelum tidur penghapus dosa tersebut.

3 dari 6 halaman

3. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Selain menghapus dosa serta dianjurkan Rasulullah, membaca dzikir sebelum tidur juga dapat menjadi sarana muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan membaca dzikir, kita dapat berpasrah diri serta mengingat Allah banyak-banyak. Terlebih menjelang tidur malam yang cukup panjang, kita tak dapat mengetahui apa saja yang akan terjadi pada tubuh serta jiwa saat beristirahat.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dengan membaca dzikir sebelum tidur, maka pikiran akan senantiasa menjadi lebih tenang. Dengan ketenangan yang diperoleh dari membaca dzikir sebelum tidur penghapus dosa, maka kualitas tidur pun dapat terjamin.

4 dari 6 halaman

Dzikir Sebelum Tidur Penghapus Dosa Pertama

Bismillahirahmanirahim. Qul huwallahu ahad. Allahu somad. Lam yalid wa lam yulad. Wa lam yakul lahu kufuwan ahad.

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah (wahai Muhammad): Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah Dzat yang menjadi tumpuan segala permohonan. Ia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada siapa pun yang sebanding dengan-Nya" (QS Al-Ikhlas) (3x).

ilustrasi berdoa
© pexels.com/Monstera

Dzikir Sebelum Tidur Penghapus Dosa Kedua

Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa ala jami'il anbiya' walmursaliin.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkan rahmat kepada junjungan kami Baginda Muhammad, semua nabi dan rasul" (3x).

5 dari 6 halaman

Dzikir Sebelum Tidur Penghapus Dosa Ketiga

Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, al ahya'i minhum wal amwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushushan ila aba'ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu'allimina, wa li man ahsana ilaina, wa li ashhabil huquqi 'alayna.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustaz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami."

Dzikir Sebelum Tidur Penghapus Dosa Keempat

Subhanallahi walhamdulillah wala ilaha illallah, wallahu akbar, wala khaula wala kuwwata illabillahil 'aliyyil 'adziim.

Artinya:

"Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan selain Allah, Allah Maha besar, tidak ada daya menjalankan ketaatan dan tidak ada kemampuan menghindar dari kemaksiatan kecuali dengan pertolongan Allah yang maha tinggi dan agung" (7x).

6 dari 6 halaman

Dzikir Sebelum Tidur Penghapus Dosa Kelima

Allahumma ‘innaka khalaq-ta nafsii wa’anta tawaffaahaa laka mamaa-tuhaa wa mah-yahaa ‘in ‘ahyay-tahaa fah-fazhhaa wa ‘in ‘amat-tahaa fagh-fir lahaa. Allahumma ‘innii ‘as-’alukal-’aafiyata.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya, Engkau telah menciptakan diriku dan ENgkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya, hanyalah milik-Mu. Jika Engkau menghidupkannya, peliharalah. Jika Engkau menantikannya, ampunilah. Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon ampunan kepada-Mu." (HR. Muslim, Ahmada, dan Ibnu Suni)

ilustrasi berdoa
© pexels.com/RODNAE Productions

Dzikir Sebelum Tidur Penghapus Dosa Keenam

Astagh-firullahal-ladzii laa ‘ilaaha ‘illa huwal-hayyul-qayyuumu wa’atuubu ilahi

Artinya:

"Aku memohon ampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan, kecuali Dia yang hidup dan berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya."

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini