Bacaan Ayat Kursi Lengkap dengan Arti, Ketahui Pula Keutamaan dan Manfaatnya

Rabu, 17 November 2021 07:55 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Bacaan Ayat Kursi Lengkap dengan Arti, Ketahui Pula Keutamaan dan Manfaatnya ilustrasi berdoa. freepik.com

Merdeka.com - Bacaan ayat kursi wajib diketahui oleh seluruh umat Islam. Tak hanya bacaan saja, keutamaan dan manfaat membaca ayat kursi juga sebaiknya dipahami. Hal ini lantaran, ayat kursi dinilai sebagai salah satu doa yang memiliki derajat paling tinggi di antara surat serta doa lainnya.

Meskipun semua ayat dalam Al-Quran sangat mulia, ayat kursi mempunyai tempat tersendiri. Ayat kursi diketahui erat kaitannya dengan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Bacaan ayat kursi sebenarnya masuk ke dalam bagian surat Al-Baqarah. Lebih tepatnya pada surat Al-Baqarah ayat 255.

Dalam bacaan ayat kursi, Allah SWT menegaskan tidak ada zat yang layak disembah kecuali diri-Nya. Selain untuk pengagungan kepada Allah SWT, bacaan ayat kursi juga bisa menjadi pegangan dalam menjalani berbagai macam aktivitas. Khususnya bagi umat Islam.

Lantas bagaimana bacaan ayat kursi lengkap dengan arti, keutamaan dan manfaatnya? Simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Bacaan Ayat Kursi

Bacaan ayat kursi sudah sepantasnya diketahui oleh seluruh umat Islam. Saat ini, minat dan kesadaran membaca ayat kursi sangat rendah. Padahal di setiap ayatnya mengandung banyak sekali makna serta arti yang mendalam.

ilustrasi berdoa
©Pixabay/SuleymanKarakas

Bahkan, dengan membaca bacaan ayat kursi dapat mempengaruhi jiwa dan keimanan hidup seseorang. Berikut bacaan ayat kursi yang terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 255,

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

3 dari 5 halaman

Arti Bacaan Ayat Kursi

Arti bacaan ayat kursi adalah sebagai berikut:

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya?

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS. Al Baqarah: 255)

Selain itu, terdapat tiga macam tauhid di dalam ayat kursi. Mulai dari tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, tauhid nama dan sifat Allah.

Ibnu Katsir dalam tafsir nya menjelaskan bahwa, "Ayat kursi memiliki kedudukan yang sangat agung. Dalam hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan bahwa ia merupakan ayat teragung yang terdapat dalam Alqur’an". (Tafsir Al Qur’an Al-‘Azhim).

4 dari 5 halaman

Keutamaan Bacaan Ayat Kursi

1. Memiliki Keagungan Melebihi Langit dan Bumi
Rasulullah SAW pernah bersabda, "Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)".

Sufyan Ats-Sauri kemudian berkata, ayat kursi adalah salah satu kalamullah atau ucapan dari Allah SWT. Dan kalamullah lebih agung dari ciptaan Allah SWT lainnya.

ilustrasi berdoa©Shutterstock

2. Perantara Masuk Surga
Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ‎

Artinya:
"Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian." (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Melalui sabda Nabi Muhammad SAW itu menerangkan, ayat kursi merupakan perantara yang mampu mengantarkan umat Islam masuk ke surga. Selama masih hidup dan membaca bacaan ayat kursi usai salat maka akan selalu mendapatkan kemuliaan untuk masuk surga.

3. Bacaan Dzikir Sebelum Tidur
Rasulullah SAW pernah bersabda, "Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjaga mu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba." (HR Al-Bukhari).

Melalui sabda Rasulullah SAW menjelaskan, membaca ayat kursi sebelum tidur maka akan dijaga serta dilindungi dari gangguan syaitan selama tidurnya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bacaan Ayat Kursi

Dikatakan sebelumnya, bacaan ayat kursi adalah salah satu doa yang paling mulia dalam Al-Quran. Bagi umat Islam sendiri, membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari mampu memberikan manfaat yang luar biasa.

Bukan hanya itu saja, ayat kursi juga dikenal sebagai ayat yang paling agung. Sebab, di dalamnya terdapat nama Allah SWT yang paling agung yakni pada bait Al Hayyu serta Al Qayyum.

Berikut manfaat bacaan ayat kursi yang bisa didapatkan oleh umat Islam:

  1. Mendapat perlindungan dari Allah SWT
  2. Mendapat perlindungan dari dua Malaikat
  3. Mendapat kasih sayang dari Allah SWT
  4. Diperbanyak rezeki oleh Allah SWT
  5. Dijauhkan dari segala kejahatan
  6. Dimudahkan untuk memahami sesuatu
  7. Dijaga saat dalam perjalanan

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini