8 Manfaat Kelengkeng, Bisa Jaga Kesehatan Hingga Kecantikan

Rabu, 18 Desember 2019 19:28 Reporter : Billy Adytya
8 Manfaat Kelengkeng, Bisa Jaga Kesehatan Hingga Kecantikan kelengkeng. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Manfaat kelengkeng memang belum diketahui banyak orang. Buah kelengkeng ini memang tak susah ditemukan, ini sudah tersedia dan dijual di pasaran. Siapapun bisa mengonsumsi kelengkeng, mulai dari anak, remaja, hingga dewasa.

Buah kelengkeng memiliki bentuk bulat dengan ukuran kecil. Khas kesegaran yang dimiliki kelengkeng membuatnya mempunyai manfaat untuk kesehatan seperti kesehatan kulit, rambut hingga organ tubuh Anda yang lain.

Perlu Anda ketahui, kelengkeng ini berasal dari Asia Tenggara dengan nama ilmiah Dimocarpus longan. Kandungan vitamin, mineral dan seratnya membuat kelengkeng tak kalah dari buah yang lain.

Mengonsumsi 5 hingga 6 buah kelengkeng saja, tubuh Anda akan memenuhi sekitar 50 persen vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C di dalam kelengkeng juga dapat menghasilkan antioksidan yang mampu melawan berbagai penyakit.

Berikut adalah 8 manfaat kelengkeng, bisa jaga kesehatan hingga kecantikan yang sudah dirangkum oleh merdeka.com dari berbagai sumber:

1 dari 8 halaman

Membuat Tulang Kuat

kuat rev1

Tidak hanya susu yang dapat menjaga kesehatan tulang, ternyata kelengkeng juga bisa menguatkan dan menyehatkan tulang. Dengan mengonsumsi kelengkeng secara rutin, Anda akan terbebas dari gangguan tulang seperti osteoporosis. Zat fosfor dalam kelengkeng juga berperan penting untuk kesehatan tulang.

2 dari 8 halaman

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mencobanya dengan mengonsumsi kelengkeng atau Dimocarpus longan ini. Buah kecil bulat ini mengandung serat tinggi dan membantu untuk mengeluarkan kalori serta membuat pencernaan Anda menjadi lancar.

3 dari 8 halaman

Membuat Kesehatan Mata Meningkat

mata meningkat rev1

Senyawa bernama Riboflavin adalah senyawa penting dari bagian vitamin B kompleks. Kekurangan senyawa riboflavin mampu meningkatkan risiko gangguan pada mata terutama katarak. Namun Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi 3,5 ons kelengkeng yang dapat memenuhi asupan riboflavin yang dibutuhkan oleh tubuh.

4 dari 8 halaman

Membuat Rambut Sehat

sehat rev1

Lagi-lagi vitamin C dalam kelengkeng berperan penting. Kali ini perannya adalah dapat menyehatkan kulit kepala. Jadi ini akan membantu dalam menguatkan rambut dan mencegah kerontokan terjadi di kepala Anda. Akar pada rambut juga akan diperkuat oleh kandungan protein dalam kelengkeng.

5 dari 8 halaman

Jaga Kesehatan Jantung

Buah kelengkeng mampu menjaga kesehatan jantung dan membuat pembuluh darah menjadi sehat karena adanya kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Ini membuat Anda terhindar dari penyakit jantung yang diakibatkan oleh dinding pembuluh darah rusak, karena vitamin C akan membantu perbaikan kerusakan dinding jantung.

6 dari 8 halaman

Mengobati Diabetes

Kelengkeng dapat mengobati atau mengatasi diabetes karena kandungan fenolik di dalamnya mampu menurunkan kadar glukosa darah Anda, sehingga ini akan mengatur kadar gula darah. Hal tersebut telah ditunjukkan dalam sebuah penelitian.

7 dari 8 halaman

Cegah Batu Ginjal

ginjal

Salah satu buah yang dapat mencegah penyakit ginjal adalah kelengkeng. Sebab, kelengkeng mengandung mineral yang cukup kaya untuk cegah adanya gumpalan kristal, ini biasa disebut dengan batu ginjal. Kandungan fosfornya juga berguna untuk menyaring racun dalam tubuh.

8 dari 8 halaman

Membuat Kulit Cantik

cantik

Bagi Anda kaum wanita yang menginginkan kulit cantik, kelengkeng sangat akan sangat membantu. Nutrisi yang terkandung mampu menyehatkan kulit Anda. Vitamin C di dalamnya mampu melembapkan kulit serta meningkatkan kadar kolagen.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini