8 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan, Jarang Diketahui

Senin, 2 Desember 2019 15:10 Reporter : Billy Adytya
8 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan, Jarang Diketahui Buah nangka. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Manfaat buah nangka bagi kesehatan memang belum banyak diketahui. Padahal buah nangka memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Buah nangka mengandung zat tepung dan dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tidak hanya itu, buah nangka ternyata juga kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium, zat besi, niasin, seng dan thiamin di dalamnya. Bagi Anda penderita penyakit jantung, buah ini aman dikonsumsi karena kaya akan serat dan rendah kalori.

Berikutmanfaat buah nangka bagi kesehatan yang jarang diketahui:

1 dari 8 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

darah rev1

Tahukah Anda? Buah nangka yang memiliki cita rasa yang khas dan juga bau harumnya ini ternyata bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh. Hebatnya, buah nangka memiliki kandungan kalium yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah Anda, dengan begitu buah nangka dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.

2 dari 8 halaman

Mencegah Anemia

Kehebatan lain dari buah nangka adalah dapat mencegah anemia. Manfaat yang diberikan nangka bagi tubuh ini bisa terjadi karena dalam nangka terkandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia. Selain itu, buah nangka juga dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda.

3 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kesehatan bagi tubuh yang lain dari buah nangka yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan begitu buah ini sangat aman dikonsumsi anak-anak. Magnesium yang sangat kaya terkandung dalam buah nangka, dapat membuat tulang menjadi kuat. Sehingga buah nangka dapat menyangkal gangguan yang bisa terjadi pada tulang seperti osteoporosis.

4 dari 8 halaman

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh rev1

Dengan mengonsumsi buah nangka, maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat bagi kesehatan Anda. Salah satu manfaat yang dapat Anda dapatkan yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imun. Buah nangka mengandung nutrisi antioksidan, sehingga membuat sistem imun atau kekebalan tubuh Anda semakin kuat. Karena buah nangka ini mengandung antioksidan, dengan mengonsumsinya Anda akan terlindungi dari infeksi virus maupun bakteri.

5 dari 8 halaman

Sumber Energi

Buah nangka dapat menjadi sumber energi bagi Anda. Gula alami seperti sukrosa dan fruktosa dalam buah nangka akan dijadikan sumber energi untuk tubuh. Bahagianya, buah ini tidak mengandung kolesterol ataupun lemak jenuh. Jadi sangat aman Anda konsumsi.

6 dari 8 halaman

Menyehatkan Mata dan Kulit

dan kulit

Manfaat dari buah nangka yang satu ini tidak kalah menarik. Selain dapat menjadi sumber energi, ternyata nangka dapat menyehatkan mata dan kulit Anda. Hal ini dikarenakan nangka memiliki kandungan vitamin A yang dapat memelihara kelembutan kulit dan sangat menyehatkan mata. Berbicara soal mata, buah nangka juga dapat mencegah penyakit gangguan mata seperti rabun senja dan degenerasi makula.

7 dari 8 halaman

Menjauhkan Kanker

Manfaat dari buah nangka yang jarang diketahui selanjutnya adalah dapat menjauhkan Anda dari penyakit kanker. Kandungan phyto-nutrisi dan vitamin C di dalam buah nangka dapat menjadi anti-penuaan dan anti-kanker. Nutrisi tersebut juga dapat menjauhkan dari bahaya kanker serta memperlambat degenerasi sel.

8 dari 8 halaman

Mencegah Sembelit

Buah nangka juga akan menjauhkan Anda dari masalah pencernaan. Mengonsumsi nangka akan membuat Anda terhindar dari sembelit dan dapat memperlancar gerakan usus. Selain itu, nangka juga dapat menyembuhkan borok.

Demikianlah manfaat buah nangka bagi kesehatan yang jarang diketahui yang sudah Merdeka.com rangkum.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini