7 Manfaat Jagung Tak Banyak Diketahui, Cocok Untuk Penderita Hipertensi

Jumat, 27 Maret 2020 12:05 Reporter : Mutia Anggraini
7 Manfaat Jagung Tak Banyak Diketahui, Cocok Untuk Penderita Hipertensi Ilustrasi Hipertensi. ©CC0 Public Domain

Merdeka.com - Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian. Tidak hanya itu, hipertensi juga dapat menjadi pemicu gangguan kesehatan lainnya seperti stroke, serangan jantung, dan lainnya.

Penyakit ini patut diwaspadai sebab dapat menyerang manusia pada usia yang relatif muda. Tercatat bahwa gangguan kesehatan berupa tekanan darah tinggi ini terjadi pada kelompok usia 30-44 tahun sebanyak 31 persen, usia 45-54 sebanyak 45 persen, serta usia 55-64 sebanyak 55 persen.

Penyebab dari munculnya hipertensi salah satunya adalah asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Banyak kandungan gizi dalam makanan yang dapat membantu untuk melawan hipertensi.

Jagung merupakan sumber makanan yang cocok untuk penderita maupun bagi Anda yang ingin menghindari hipertensi. Berikut 5 manfaat jagung bagi hipertensi yang jarang diketahui:

1 dari 7 halaman

Rendah Gula

gula

Shutterstock

Jagung dikenal khasiatnya sebagai pengganti nasi atau sumber energi. Sebab, jagung memiliki kandungan karbohidrat pula. Namun, jagung memiliki kandungan karbohidrat yang rendah.

Sehingga, jagung ini cocok dikonsumsi sebagai pengganti nasi yang memiliki kadar gula tinggi. Bahan makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi karena dapat memicu hormon insulin yang tinggi pula.

Anda dapat mengonsumsi jagung pada pagi hari sebagai sumber zat tenaga Anda untuk memulai aktivitas. Hindari dengan penambahan butter atau garam saat mengonsumsi jagung sebagai pengganti nasi.

2 dari 7 halaman

Rendah Kolesterol

ilustrasi kolesterol

2012 Shutterstock/Stuart Miles

Salah satu penyebab hipertensi adalah menumpuknya kolesterol yang ada di pembuluh darah sehingga menyebabkan lonjakan aliran darah. Bahkan, menempelnya kolesterol yang tinggi pada pembuluh darah selama bertahun-tahun dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lain seperti serangan jantung.

Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi agar peredaran darah dalam tubuh melalui pembuluh darah tetap lancar. Bahan makanan yang mengandung kolesterol rendah adalah jagung.

Namun, hindari untuk menambahkan bahan-bahan yang justru dapat membuat jagung ini menjadi makanan yang berkolesterol tinggi seperti minyak, garam, dan lain sebagainya. Cukup konsumsi jagung dengan sayuran yang lainnya.

3 dari 7 halaman

Rendah Natrium

ilustrasi garam epsom

Shutterstock

Garam yang mengandung natrium merupakan penyebab utama penyakit hipertensi. Sebab, garam merupakan penyedap makanan yang sering ditambahkan pada berbagai jenis masakan yang diolah.

Padahal, konsumsi garam dengan jumlah yang tinggi dapat menyebabkan resistensi air yang berlebih di dalam tubuh. Sehingga hal tersebut dapat memicu tekanan darah tinggi.

Hindari konsumsi makanan dengan kandungan natrium yang tinggi seperti makanan instan, makanan siap saji, dan berbagai camilan serta makanan ringan. Ganti menu makan Anda dengan rutin mengonsumsi jagung yang rendah natrium.

4 dari 7 halaman

Sumber Mineral

mineral

2018 Merdeka.com/Pixabay

Tidak hanya rendah gula, rendah garam, serta rendah kolesterol, rupanya jagung juga mengandung zat lain yang sangat diperlukan untuk tubuh.

Dikutip dari Alodokter, jagung dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah sebab kandungan mineral kalium serta magnesiumnya yang baik bagi tubuh. Mineral kalium dikenal sebagai zat yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sementara itu, magnesium dikenal dengan baik untuk mengontrol detak jantung agar tetap normal.

Anda tidak hanya cukup mengonsumsi jagung secara rutin untuk mengendalikan tekanan darah. Namun, pola hidup yang sehat juga perlu Anda lakukan seperti mengatur pola makan, aktivitas fisik, dan istirahat yang cukup.

5 dari 7 halaman

Mengandung Vitamin C, Karotenoid, Bioflavonoid

vitamin c

2020 Merdeka.com

Salah satu dampak dari hipertensi adalah semakin meningkatnya risiko serangan jantung. Dengan rutin mengonsumsi jagung, kandungan karotenoid yang ada di dalamnya dapat membantu mencegah penebalan arteri dan mengendalikan kolesterol yang terkandung di dalam darah .

Vitamin C yang ada pada jagung juga dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Sehingga, akan membantu Anda agar tidak mudah terserang virus yang menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya.

Pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu hingga bersih sebelum diolah dan dikonsumsi. Jika perlu, tambahkan larutan khusus antiseptik untuk mencuci jagung mentah.

6 dari 7 halaman

Sumber Omega-3

omega 3

2012 Merdeka.com

Omega-3 dikenal sebagai senyawa yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Zat ini banyak dijumpai pada minyak ikan. Tidak perlu khawatir untuk mendapatkan minyak ikan yang relatif mahal, Anda cukup mengonsumsi jagung sebagai penggantinya.

Jagung memiliki kandungan Omega-3 di bawah 1 gram. Konsumsi secara rutin, maka Anda akan mendapatkan mengambil manfaat dari Omega-3 yang terkandung pada jagung.

Hindari mengonsumsi jagung dengan cara dibakar. Selain akan mengurangi kandungan Omega-3, Anda juga akan meningkatkan zat karsinogen pada jagung. Zat karsinogen adalah zat yang dikenal sebagai pemicu masalah kesehatan seperti kanker.

7 dari 7 halaman

Sumber Protein

protein

iStockphoto

Manfaat jagung yang terakhir bagi hipertensi adalah sumber protein. Jagung memiliki kandungan protein yang cukup. Dikenal sebagai sumber protein nabati, jagung akan menjadi sumber makanan yang baik bagi Anda untuk mengontrol tekanan darah dengan tetap mendapatkan sumber protein untuk tubuh.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini