7 Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda Secara Alami, Mudah Dipraktikkan

Senin, 13 Januari 2020 14:08 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
7 Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda Secara Alami, Mudah Dipraktikkan Ilustrasi rambut beruban. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Lars Zahner

Merdeka.com - Penampilan menjadi salah satu hal yang paling penting bagi banyak orang. Tak hanya pakaian, rambut pun kerap menjadi pusat perhatian. Tetapi, salah satu yang dapat mengganggu penampilan anak muda yaitu munculnya uban.

Banyak anak muda yang rambutnya telah muncul uban. Uban yang muncul ketika berusia muda tentu akan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Mereka tentu akan mendapatkan berbagai pertanyaan terkait uban tersebut.

Apabila Anda termasuk memiliki uban di usia muda, merdeka.com telah merangkum cara menghilangkan uban di usia muda secara alami dari Honestdocs dan berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 7 halaman

Menggunakan Heat Protection

ilustrasi payung matahari

Shutterstock.com/Yellowj

Dilansir dari HonestDocs, salah satu cara menghilangkan uban di usia muda yaitu dengan heat protection. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab munculnya uban lebih dini dikarenakan rambut yang terlalu sering terekspos oleh panas.

Oleh sebab itu, gunakan payung atau topi ketika cuaca sedang sangat terik. Tak hanya itu, sebaiknya hindari keramas menggunakan air panas dan kurangi penggunaan hair dryer atau catokan rambut.

Apabila rambut sudah terlanjur rusak, sebaiknya aplikasikan masker pendingin yang terbuat dari bahan alami untuk menyamarkan uban, yaitu henna dan teh hitam.

Cara penggunaan teh hitam, didihkan 2 sdt daun teh hitam tanpa tambahan apapun. Setelah mendidih, biarkan hingga dingin hingga air yang berubah gelap. Setelah itu, oleskan ke rambut secara merata. Bilas dengan air tanpa sampo.

Cara penggunaan henna, kumpulkan beberapa daun henna lalu tumbuk halus. Kemudian ambil sedikit dadih dan campurkan pada tumbukan tadi. Oles ke rambut dan diamkan hingga kering. Setelah itu, bilas dengan sampo lembut.

2 dari 7 halaman

Hindari Stres

di tempat kerja

Shutterstock

Dilansir dari Hellosehat, jurnal Nature Medicine tahun 2013 menjelaskan bahwa stres dapat menipiskan sel induk dari pangkal folikel rambut. Tak hanya itu, stres berkepanjangan dapat menyebabkan penuaan dini lebih cepat termasuk pada rambut 3 kali lebih cepat.

Oleh sebab itu, kendalikan stres sebaik mungkin untuk mengatasi uban di usia muda. Anda dapat melakukan meditasi untuk mengurangi stres dan membuat pikiran lebih tenang.

3 dari 7 halaman

Cat Rambut Alami dengan Teh dan Kopi

ilustrasi teh dan kopi

Shutterstock.com/ Anson0618

Apabila uban telah muncul dan Anda ingin mengatasinya dengan bahan alami, maka menggunakan teh atau kopi sebagai cat rambut alami adalah pilihan yang tepat. Cara ini tentu dapat Anda coba.

Caranya, didihkan kopi atau teh selama 15 menit, biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan minyak alami ke dalamnya. Cuci rambut secara teratur menggunakan air tersebut agar uban segera hilang.

4 dari 7 halaman

Hentikan Kebiasaan Merokok

ilustrasi merokok

Shutterstock/Photographee.eu

Dilansir dari Hellosehat, Marie Jhin, MD seorang ahli dermatologi tersertifikat di San Francisco mengatakan bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit dan rambut dengan cepat. Tak hanya membuat sesak di dada, merokok dapat mempercepat timbulnya keriput di kulit, termasuk kulit kepala.

Oleh sebab itu, berhenti merokok merupakan langkah yang tepat untuk membantu menghambat munculnya uban lebih banyak pada rambut. Sehingga Anda akan tampak awet muda.

5 dari 7 halaman

Perhatikan Asupan Makanan

012 febrianti diah kusumaningrum

Shutterstock/Skumer

Salah satu cara mencegah uban muncul di usia muda yaitu memperhatikan asupan makanan. Konsumsilah makanan yang sarat kandungan vitamin B12. Vitamin B12 memiliki manfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit kepala dan memulihkan rambut agar tidak sampai beruban.

Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 perlu dilakukan. Vitamin B12 terkandung dalam keju, alpukat, plum, jeruk dan cranberry.

6 dari 7 halaman

Menggunakan Produk Rambut yang Mengandung Biotin

ilustrasi oatmeal

Shutterstock

Mengonsumsi makanan sumber biotin seperti oat dan almond dapat membantu mempertahankan warna hitam rambut. Konsumsilah makanan-makanan tersebut apabila Anda ingin menghilangkan uban di usia muda.

Selain itu, Anda dapat menggunakan kondisioner alami menggunakan campuran gooseberry dan walnut hitam. Tak hanya mencegah penuaan dini, kondisioner alami tersebut dapat memperbaiki tekstur dan warna rambut sehingga menjadi lebat, kuat dan bebas ketombe.

7 dari 7 halaman

Menggunakan Minyak Almond atau Zaitun

ilustrasi minyak almond

iStock

Menggunakan minyak almond atau zaitun sebagai perawatan rambut baik dilakukan. Hal ini dikarenakan kedua minyak tersebut mampu menutrisi kulit kepala.

Malas meminyaki rambut dengan bahan alami, menyebabkan folikel rambut lemah sehingga menyebabkan rambut menjadi putih, tipis dan kusam. Tak hanya minyak almond dan zaitun, masih banyak deretan minyak herbal lainnya yang dapat memperbaiki rambut rusak.

[add]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini