7 Cara Memutihkan Wajah secara Cepat dan Alami, Mudah dan Aman

Selasa, 14 Januari 2020 15:01 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
7 Cara Memutihkan Wajah secara Cepat dan Alami, Mudah dan Aman Ilustrasi wajah cantik. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/aslysun

Merdeka.com - Banyak wanita menginginkan kulit putih dan bersih. Berbagai cara pun dilakukan agar mendapatkan kulit wajah yang mereka dambakan. Bahkan tak sedikit orang yang memakai bahan kimia untuk memutihkan kulit wajah dengan cepat.

Tetapi, penggunaan bahan kimia dalam jangka panjang tentu berbahaya. Apabila Anda ingin memutihkan wajah dengan cepat dan aman, maka gunakan bahan alami dan jalankan pola hidup sehat.

Merdeka.com telah merangkum cara memutihkan wajah secara cepat dan alami dari Honestdocs dan berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 7 halaman

Rajin Mencuci Wajah

Shutterstock/krivenko

Cara yang pertama yaitu perhatikan kebersihan wajah. Cuci wajah secara rutin setidaknya 2 kali sehari yaitu pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu, setelah bepergian atau berolahraga, sebaiknya segera cuci wajah untuk menghilangkan bakteri dan keringat yang menempel di wajah. Gunakan sabun yang berbahan lembut dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

2 dari 7 halaman

Perhatikan Asupan Makanan

2019 Merdeka.com/Pixabay

Dilansir dari Alodokter, agar kulit tampak lebih cerah, perbanyak konsumsi makanan yang kaya dengan nutrisi yang baik untuk kulit, yaitu protein (terutama kolagen), lemak sehat yang mengandung omega 3, zinc, aneka vitamin (vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E) dan antioksidan.

Nutrisi tersebut dapat ditemukan di makanan-makanan bernutrisi tinggi seperti bayam, kangkung, rumput laut, ikan, alpukat, telur dan yoghurt. Hindari konsumsi kafein atau alkohol berlebihan karena dapat membuat kulit kering. Agar kulit tetap sehat dan cerah, batasi lah mengonsumsi makanan yang tinggi gula, lemak dan radikal bebas.

3 dari 7 halaman

Menggunakan Tabir Surya

Shutterstock

Melindungi kulit wajah dari sinar matahari di siang hari tentu penting dilakukan. Paparan sinar matahari memang menjadi penyebab kulit gelap dan kusam.

Kulit wajah yang sering terpapar sinar UV dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko penuaan dini, kerusakan pada kulit hingga risiko kanker kulit. Oleh sebab itu, gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

4 dari 7 halaman

Istirahat Cukup dan Kelola Stres dengan Baik

2016 Merdeka.com

Dilansir dari Honestdocs, salah satu cara selanjutnya yaitu dengan istirahat yang cukup. Perhatikan waktu tidur Anda. Tidur cukup dipercaya dapat membuat kulit berkeringat sehingga pori-pori menjadi terbuka.

Tak hanya itu, mengelola stres juga perlu Anda lakukan. Hal ini dikarenakan stres dapat membuat kulit lebih kusam dan dapat memicu munculnya masalah pada kulit. Lakukan hal-hal seperti mengerjakan hobi, yoga, meditasi atau berolahraga.

Rajin berolahraga tak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga memelihara kelenturan kulit wajah agar lebih cerah dan awet muda. Lakukan olahraga ringan selama kurang lebih 30 menit secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit.

5 dari 7 halaman

Masker Lemon dan Madu

readersdigest.co.uk

Setelah menjalankan pola hidup sehat, merawat kulit wajah dengan masker alami juga perlu dilakukan agar kulit wajah dapat putih dengan cepat. Menggunakan masker lemon dan madu salah satunya.

Dilansir dari Doktersehat, kandungan vitamin C dalam lemon serta madu yang mengandung anti bakteri tidak hanya membuat wajah lebih cerah tetapi lembab dan terhindar dari jerawat.

Cara dengan, mencampurkan satu sendok teh madu dengan perasan satu buah lemon, kemudian balurkan ke seluruh wajah sambil dipijat dengan pelan dan lembut. Kemudian diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6 dari 7 halaman

Gel Lidah Buaya

Familinia

Dilansir dari Honestdocs, gel lidah buaya mengandung aloesin yang berfungsi meregulasi produksi melanin kulit. Aloesin juga dapat memutihkan, melembutkan serta meningkatkan kecantikan kulit secara efektif dan alami.

Caranya hanya tinggal mengoleskan gel lidah buaya pada wajah Anda. Tetapi Anda juga dapat mencampurkannya dengan air mawar untuk mendapat hasil kulit putih lebih maksimal.

7 dari 7 halaman

Tomat

2018 Merdeka.com/Pixabay

Dilansir dari Doktersehat, tomat mengandung vitamin C, E dan anti bakteri yang dapat membantu mengembalikan kesehatan kulit dengan cepat. Selain itu, kulit yang kusam dan gelap pun dapat menjadi putih dan cerah.

Caranya dengan mengiris tipis tomat, lalu letakkan irisan tersebut di seluruh wajah. Atau dapat juga dengan menghancurkan tomat, lalu balurkan ke seluruh wajah. Diamkan selama minimal 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

[add]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini