3 Cara Membersihkan Wajah Anak Secara Aman & Trik Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Kamis, 6 Oktober 2022 10:46 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
3 Cara Membersihkan Wajah Anak Secara Aman & Trik Merawat Kulit Bayi Baru Lahir Pelatihan Memandikan Bayi untuk Ibu Baru. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Cara membersihkan wajah anak terutama bayi baru lahir tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Mengingat kulit bayi baru lahir rentan mengalami iritasi dan masih begitu sensitif. Saking rentannya, kulit bayi baru lahir tidak boleh sembarangan bersentuhan dengan bahan-bahan kimia, seperti detergen maupun wewangian.

Bukan hanya itu saja, tidak semua jenis perawatan kulit bayi bahkan boleh digunakan. Hal ini berkaitan dengan kondisi kulit bayi baru lahir yang masih sangat tipis. Selain itu juga kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif dan sistem kekebalan tubuhnya masih belum berkembang secara sempurna. Sehingga bayi baru lahir lebih rentan timbul ruam atau iritasi pada kulit.

Untuk merawat dan menjaga kulit bayi baru lahir, terdapat beberapa cara membersihkan wajah anak secara aman yang bisa dilakukan. Lantas apa saja cara membersihkan wajah anak secara aman dan trik merawat kulit bayi baru lahir?

Melansir dari berbagai sumber, Kamis (6/10), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Wajah Anak Secara Aman

1. Bayi dalam Kondisi Siap Dimandikan
Cara membersihkan wajah anak bayi baru lahir yang pertama adalah dengan memastikan si kecil dalam keadaan siap untuk dimandikan. Apabila bayi dalam kondisi tidur, bisa dibangunkan terlebih dahulu dengan cara yang lembut. Para orang tua bisa memberikan banyak sentuhan agar si kecil tetap merasa nyaman ketika terbangun.

Setelahnya, basuh wajah bayi baru lahir dengan handuk yang sudah dibasahi sedikit. Basuh wajah bayi mulai dari bagian mata dengan tujuan agar bayi dapat benar-benat terbangun dan tidak terkejut. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan bagian mata bayi dari sudut bagian dalam. Selain itu jangan lupa membersihkan area mata di sekitar hidung.

Para orangtua kemudian bisa mengusap kelopak mata bayi secara perlahan. Pastikan handuk yang digunakan memiliki suhu yang tetap seperti diawal atau tidak terlalu dingin. Apabila handuk sudah mulai dingin, dapat mencelupkannya kembali ke dalam air hangat dan pastikan juga jangan terlalu banyak.

3 dari 5 halaman

2. Membersihkan Wajah Bayi

Cara membersihkan wajah anak bayi baru lahir yang kedua yaitu dilanjutkan dengan membersihkan wajahnya. Setelah membersihkan area mata, para orang tua bisa mulai mengusap area wajah yang lain menggunakan handuk hangat. Baik itu dari bagian dahi, hidung, pipi hingga dagu si kecil.

Saat mengusap di area dahi, usahakan arahkan usapan handuk ke atas. Hal ini bertujuan untuk menghindari tetesan air jatuh ke mata bayi. Lakukan usapan dahi beberapa kali sampai dirasa cukup bersih.

Selanjutnya bisa mengusapkan handuk hangat ke bagian wajah bayi lainnya. Pastikan untuk mengusap dengan hati-hati dan mengarahkan usapan jauh dari mata si kecil. Gosok secara perlahan agar wajah bayi bisa menjadi lebih bersih.

Hindari menggosok sekitar area mata, hidung dan mulut. Sebab, area tersebut masih memiliki kulit yang sangat sensitif. Bahkan, lebih mudah kering dibandingkan area lainnya.

4 dari 5 halaman

3. Membersihkan Area Samping Wajah

Selesai dengan bagian depan wajah, para orangtua bisa beralih membersihkan di bagian samping wajah bayi. Cara membersihkan wajah anak bayi di area samping yakni dengan mengusap kulit area telinga menggunakan handuk hangat. Gosok secara perlahan bagian daun telinga bayi dan dilanjutkan di bagian belakang daun telinga.

Usap juga kulit area telinga dengan hati-hati. Saat membersihkan, perhatikan pula tetesan air agar tidak masuk ke dalam lubang telinga bayi. Para orangtua bisa menggunakan bola kapas yang sudah direndam air hangat apabila kesulitan membersihkan dengan handuk hangat. Peras air dalam bola kapas terlebih dahulu dan pastikan air yang tersisa tidak terlalu banyak.

Selanjutnya, mengusap kulit wajah area bawah dan leher. Area ini menjadi area terkotor di wajah bayi. Pastikan untuk menggosok secara perlahan untuk membersihkan segala kotoran yang menempel di kulit bayi. Setelah membersihkan wajah bayi, jangan lupa untuk membersihkan bagian tubuh yang lain.

5 dari 5 halaman

Trik Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Melansir dari Alodokter, terdapat beberapa trik yang bisa dicoba untuk merawat kulit bayi baru lahir.

Adapun trik merawat dan menjaga kulit bayi baru lahir adalah sebagai berikut:

  • Hindari memandikan bayi terlalu sering
  • Menjaga kelembapan kulit bayi
  • Merawat kulit kepala bayi
  • Melindungi kulit bayi dari sengatan matahari langsung
  • Mengganti popok bayi secara rutin
  • Pilih detergen khusus bayi

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini