11 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah, Ampuh dengan Bahan Mudah Didapat

Rabu, 25 Agustus 2021 07:43 Reporter : Kurnia Azizah
11 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah, Ampuh dengan Bahan Mudah Didapat ilustrasi karang gigi. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Lighthunter

Merdeka.com - Gigi sejatinya tertutupi oleh enamel, zat terkeras di tubuh manusia. Meski begitu, gigi tak bebas dari beragam kerusakan yang mengancam. Jika membiarkan plak menumpuk dan mengeras, Anda mungkin berisiko terkena karang gigi.

Karang gigi bisa mendatangkan malapetaka pada kesehatan mulut dan menyebabkan penyakit gusi. Itulah mengapa penting untuk memahami cara membersihkan karang gigi dengan tepat.

Kebersihan mulut adalah kunci untuk mencegah karang gigi datang kembali. Setelah karang gigi menyebar di bawah garis gusi, tentu harus segera dibersihkan. Hal itu harus dilakukan demi mencegah datangnya penyakit periodontal dan periodontitis kian berkembang mengakibatkan gigi kendur, bahkan dalam kasus yang lebih lanjut mungkin rontok.

Tapi Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa memulai membersihkan sendiri di rumah. Berikut ini cara membersihkan karang gigi yang ampuh dan aman seperti dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (25/8).

2 dari 4 halaman

Sikat Gigi dengan Soda Kue

karang gigi
©2020 Merdeka.com

Soda kue atau baking soda adalah cara yang aman untuk menghilangkan karang gigi. Soda kue akan menghilangkan plak tanpa merusak email.

Studi oleh Science Direct, menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue, mungkin lebih efektif dalam mengurangi jumlah plak di mulut daripada pasta gigi konvensional.

Soda kue pun bisa melindungi dari demineralisasi, yakni proses kimia yang menghilangkan kalsium dari email gigi. Ini karena baking soda memiliki pH tinggi, yang membantu menyeimbangkan tingkat pH di dalam mulut dan mencegah hilangnya email.

Cara membersihkan karang gigi ini efektif, karena memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah kerusakan gigi. Bahkan dalam penelitian lain, menunjukkan bahwa soda kue dapat secara signifikan mengurangi jumlah Streptococcus mutans.

Cuka Putih

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya bisa mengandalkan cuka putih. Ini merupakan cairan asam asetat, yang membuatnya efektif dalam membunuh bakteri mulut dan mencegah infeksi.

Cara membersihkan karang gigi, Anda perlu mencampur dua sendok makan cuka putih dalam setengah ccangkir air hangat. Tambahkan satu sendok garam dan aduk merata.
Lalu berkumurlah dengan campuran tersebut sekali sehari secara teratur, untuk menghilangkan karang gigi yang menumpuk di antara gigi dan gusi.

Minyak Kelapa

ilustrasi minyak kelapa
Ilustrasi minyak kelapa ©shutterstock.com/marco mayer

Minyak kelapa sangat bermanfaat dalam melindungi gigi. Karena kemampuannya untuk menghilangkan bakteri dan meningkatkan kesehatan mulut.

Cara membersihkan karang gigi dengan minyak kepala cukup ideal untuk menarik minyak yang tertimbun. Lantaran sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

Minyak kelapa juga mengandung asam laurat, asam lemak dengan sifat antimikroba. Sebuah studi dari National Institutes of Health (NIH), melibatkan remaja dengan gingivitis.

Para peserta peneliti mengalami penurunan gejala gingivitis yang signifikan, serta penurunan 50 persen pada karang gigi. Para peneliti percaya itu karena pengurangan plak gigi. Cara membersihkan karang gigi dengan minyak kelapa yakni:

- Hangatkan 1 sendok makan minyak kelapa.

- Kumur minyak kelapa di sekitar mulut selama 5-10 menit.

- Ludahkan minyak kelapa ke tempat sampah atau handuk kertas. Hindari mengeluarkan minyak kelapa ke wastafel, karena dapat menyumbat pipa.

Selain minyak kelapa, yang efektif lainnya sebagai pengganti:

  • Minyak almond.
  • Minyak zaitun.
  • Minyak wijen.
3 dari 4 halaman

Aloe Vera dan Gliserin

ilustrasi lidah buaya©Shutterstock/HLPhoto

Lidah buaya begitu populer karena kaya akan manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan dinilai efektif sebagai cara membersihkan karang gigi.

Dilansir dari Abdoney Orthodentics, lidah buaya akan membunuh bakteri penyebab karang gigi. Karena memiliki sifat antimikroba. Ini juga mampu melawan bau mulut.
Cara membersihkan karang gigi dengan lidah buaya:

- Campurkan setengah cangkir baking soda dengan secangkir air.

- Tambahkan satu sendok makan gel/daging lidah buaya.

- Tambahkan 4 sendok makan gliserin nabati dan minyak esensial lemon. Gosok gigilah dengan campuran ini.

Cara lain yang bisa Anda coba, ambil lidah buaya dari daun segar. Kemudian gosokkan pada gigi Anda dan biarkan selama 10 menit, lalu dibilas.

Buah yang Tinggi Vitamin C

Jika Anda khawatir dengan penggunaan cuka atau semacamnya di atas. Ada alternatif lain yang bagus untuk membersihkan karang gigi, yakni makanan yang kaya vitamin c.

Buah-buahan seperti lemon dan jeruk merupakan sumber vitamin c yang baik. Apalagi dengan sifat sedikit asamnya. Ada akan memperoleh kalsium dan sifat antimikroba dalam satu buah. Cara membersihkan karang gigi dengan buah:

- Gunakan obat yang luar biasa ini cukup dengan mengoleskan kulit lemon atau jeruk pada gigi dan di dekat garis gusi.

- Biarkan aplikasi ini selama 15 menit.

- Terakhir, dibilas dengan kumur-kumur air bersih.

- Selanjutnya, Anda dapat menghancurkan daging buah mentah. Lalu tambahkan sedikit air dan garam untuk membuat larutan pasta gigi.

Mempraktikkan Kebersihan Mulut

karang gigi©2020 Merdeka.com

Cara membersihkan karang gigi dan plak berikutnya dengan teratur mempraktikkan kebersihan mulut yang baik. American Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride.

Melansir dari Medical News Today, bahkan disarankan untuk membersihkan dengan flossing atau benang gigi sekali sehari. Flossing di awal akan menghilangkan sisa makanan dan plak dari sela-sela gigi dan area yang sulit dijangkau.

Setelah flossing, sikat gigi akan menghilangkan plak pada permukaan gigi. Setelah flossing dan menyikat gigi, bilas mulut dengan obat kumur. Ini sebagai bentuk perlindungan ekstra terhadap plak dan karang gigi.

Biji Wijen

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya menggunakan biji wijen sebagai scrub. Anda hanya perlu mengunyah segenggam biji wijen, tapi hindari menelannya.

Dengan posisi biji yang masih ada di mulut Anda. Lalu sikat gigi untuk menggosok karang gigi. Scrub dengan biji wijen ini membantu membersihkan noda dengan hati-hati.

4 dari 4 halaman

Daun dan Buah Jambu Biji

Siapa sangka perpaduan dari daun dan buah jambu biji ini efektif dalam membersihkan karang gigi. Caranya cukup dengan mencuci beberapa lembar daun jambu biji, kunyah dan buang.

Selain itu, Anda arus makan jambu biji mentah dengan ditaburi sedikit garam di atasnya.
Jambu biji terkenal mampu meredakan masalah gusi karena memiliki sifat anti-inflamasi. Cara ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gusi.

Minyak Esensial Rosemary

esensial rosemaryIlustrasi minyak esensial rosemary ©2017 jujuaroma.com

Cara membersihkan karang gigi berikutnya dengan ramuan dari minyak esensial rosemary. Campurkan dua tetes minyak rosemary dengan 1 sendok makan minyak kelapa atau air.

Bilas mulut Anda dengan ramuan ini dua kali sehari. Minyak rosemary memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam memberantas masalah gigi.

Bubuk Cengkeh

cengkeh©2017 Merdeka.com

Cengkih atau cengkeh adalah kuncup bunga kering dengan aroma khas yang menenangkan. Manfaatkan bubuk cengkeh untuk membersihkan karang gigi. Cara mudahnya sebagai berikut:

- Ambil 1 sendok makan bubuk cengkeh dan tambahkan minyak zaitun secukupnya, hingga membentuk pasta.

- Oleskan campuran ini pada gigi dan biarkan selama beberapa menit.

- Lalu bilas dengan berkumur-kumur air hangat. Cengkih akan melawan mikroba di mulut yang menyebabkan karang gigi.


11--
Teh Hitam
Cara membersihkan karang gigi dan mencegahnya datang lagi ialah dengan teh hitam. Teh ini akan membantu dalam memerangi plak dan bakteri. Bilaslah mulut Anda dengan teh hitam hangat agar tetap bersih.

[kur]

Baca juga:
Cara Menggosok Gigi yang Benar, Ketahui Manfaatnya
Ketahui Pentingnya Peran Orangtua dalam Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini