10 Nama Malaikat dan Tugasnya Menurut Islam yang Tertuang dalam Alquran

Selasa, 28 September 2021 11:19 Reporter : Kurnia Azizah
10 Nama Malaikat dan Tugasnya Menurut Islam yang Tertuang dalam Alquran Ilustrasi Malaikat. Ilustrasi Malaikat ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ada banyaknama malaikat dan tugasnya dalam ajaran Islam. Namun hanya diketahui oleh Allah SWT. Meski begitu, terdapat sepuluh malaikat yang wajib diketahui umat Islam.

Sejumlah malaikat Allah SWT tertuang dalam kitab suci Alquran, serta kisah para Nabi dan Rasul. Tak dapat dipungkiri, kehadiran malaikat senantiasa di sekitar kita.

Salah satunya menurut Quraish Shihab berdasarkan riwayat Imam Bukhari, bahwa para malaikat hadir di majelis dzikir. Setelah selesai, mereka menuju Allah, menyampaikan bahwa "Kami (malaikat) hadir di majelis dzikir".

Kemudian, Allah berfirman, "Limpahkan rahmat bagi mereka semua. Ampuni mereka semua". Tetapi malaikat berkata, "Ya Allah, ada orang yang hadir tapi tujuannya bukan berdzikir”. Allah kembali berfirman, "Ampuni mereka, karena mereka mendekat kepada orang yang berdzikir”. (buku 'Yang Halus dan Tak Terlihat: Malaikat dalam Al-Quran')

Riwayat singkat tersebut menunjukkan bahwa malaikat dekat dalam banyak lini kehidupan manusia. Sebagai umat Islam pun kita diwajibkan mengimani adanya malaikat, sesuai rukun iman kedua.

Untuk lebih jelasnya, simak mengenai nama malaikat dan tugasnya menurut Islam, seperti dihimpun dari NU Online berikut ini, Selasa (28/9).

2 dari 4 halaman

Iman Kepada Malaikat Allah SWT

dan muhammad
kaligrafi allah dan muhammad ©2017 wallpaperislami.com

Malaikat termasuk makhluk yang diciptakan Allah SWT dari nur atau cahaya, yang tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah. Malaikat itu berbeda dengan manusia, di dalam sifat-sifat dan tugasnya.

Bahkan tak memiliki jenis kelamin seperti laki-laki atau perempuan. Malaikat adalah satu-satunya makhluk yang paling yang taat kepada Allah serta senantiasa menjauhi larangan-Nya.

Malaikat tidak makan dan tidak pula minum. Dalam keadaan biasa, mereka tak bisa dilihat dengan mata kepala, para malaikat Allah itu sebangsa Ruh. Kita tidak diwajibkan mengetahui hakekat dzat malaikat.

Sebatas mempercayai akan keberadaannya, dengan sifat-sifat yang tersebut dalam Alquran. Beberapa ayat mengenai malaikat Allah disebutkan dalam penggalan ayat berikut:

Pertama,

"Dan sungguh, (Al-Qur'an) ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan seluruh alam, Yang dibawa turun oleh ar-Ruh al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar engkau termasuk orang yang memberi peringatan," (asy-Syu’ara’: 192-194)

Kedua,

مَايَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلاَّ لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ

”Tidak sesuatu perkataan yang dikatakan; melainkan mesti ada malaikat yang mengawasi dan meneliti”. (Qaaf : 18)

Ketiga,

قُلْ يَتَوَفَّكُمْ مَلَكُ اْلمَوْتِ الَّذِى وُكِلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلَى رَبِكُمْ تُرْجَعُوْنَ

“Katakanlah kamu akan dinantikan oleh malaikat maut yang diwajibkan (mencabut) segala nyawa kamu; kemudian kepada Tuhanmu ingatlah kamu dikembalikan”. (As-Sajadah: 11)

3 dari 4 halaman

Fungsi Beriman Kepada Malaikat Allah

ilustrasi sholat
©2020 Merdeka.com

Meyakini adanya malaikat termasuk rukun iman kedua. Kewajiban ini tertuang dalam Alquran berikut:

"Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya,

yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Baqarah Ayat 177)

Maksud dari beriman kepada malaikat Allah di sini, kita meyakini dan membenarkan bahwa mereka ada dan memiliki tugasnya masing-masing. Berikut ini fungsi beriman kepada malaikat Allah:

1. Selalu melakukan perbuatan baik, serta merasa najis dan menjauhi perbuatan buruk. Karena diri ini selalu diawasi oleh malaikat.

2. Berupaya masuk ke surga yang dijaga oleh malaikat Ridwan. Dengan bertakwa dan beriman kepada Allah SWT, serta berlomba mendapatkan Lailatul Qodar.

3. Mempertebal keimanan, meningkatkan keikhlasan, dan kedisiplinan untuk meneladani atau meniru sifat, serta perbuatan malaikat.

4. Selalu berpikir dan berhati-hati dalam melaksanakan segala perbuatan. Karena setiap tingkah laku, yang baik maupun buruk akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

4 dari 4 halaman

Nama Malaikat dan Tugasnya

ilustrasi berdoa
©Shutterstock

Malaikat berasal dari kata bahasa Arab, malak, yang berarti kekuatan. Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT selain manusia, setan, dan jin. Yang semuanya memiliki tugas serta tanggung jawab masing-masing di dunia.

Berikut ini sepuluh nama malaikat dan tugasnya menurut Islam:

1. Malaikat Jibril

Nama lainnya adalah Ar-Ruhul-Amin atau Jibril atau Ar-Ruhul-Qudus. Tugasnya menyampaikan wahyu Allah SWT kepada Nabi dan Rasul-Nya.

2. Malaikat Mikail

Bertugas membawa rezeki kepada semua makhluk, termasuk manusia.

3. Malaikat Israfil

Memiliki tanggung jawab untuk meniup terompet sangkakala di saat hari kiamat. Seketika semua mahluk di bumi akan mati saat mendengar tiupan sangkakalanya.

4. Malaikat Izrail

Bertanggung jawab mencabut nyawa dari tubuh makhluk.

5. Malikat Munkar

Bertugas menanyai dan melaksanakan perintah pemeriksaan pada amal perbuatan manusia di alam kubur.

6. Malaikat Nakir

Bertugas menanyai dan memeriksa amal perbuatan manusia di alam kubur bersama malaikat Munkar.

7. Malaikat Raqib

Memiliki tanggung jawab untuk mencatat segala perbuatan amal baik manusia saat hidup.

8. Malaikat Atid

Sedangkan yang mendampingi malaikat Raqib, memiliki tugas untuk mencatat segala perbuatan buruk atau jahat manusia ketika masih hidup.

9. Malaikat Malik

Memiliki nama lain, Zabaniyah. Tugasnya ialah menjaga pintu neraka.

10. Malaikat Ridwan

Terakhir ada malaikat Ridwan, yang berwenang untuk menjaga pintu surga.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini