10 Manfaat Jus Nanas Bagi kesehatan Tubuh, Cegah Asma Hingga Penyakit Jantung

Selasa, 24 November 2020 11:30 Reporter : Mutia Anggraini
10 Manfaat Jus Nanas Bagi kesehatan Tubuh, Cegah Asma Hingga Penyakit Jantung Ilustrasi jus nanas. ©factorydetails.com

Merdeka.com - Manfaat jus nanas bagi kesehatan tubuh memang sebenarnya patut untuk diketahui. Nanas (ananas comosus) sendiri merupakan buah khas daerah tropis yang memiliki banyak kandungan air, vitamin, dan mineral sehingga baik bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, rasanya yang lezat dan manis pun membuat buah yang satu ini seringkali menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang. Tak jarang, buah yang satu ini juga sering diolah menjadi berbagai macam makanan hingga minuman yang menyegarkan.

Salah satu minuman menyegarkan yang dibuat dari buah nanas adalah jus. Selain menyegarkan, jus nanas pun disebut banyak memiliki manfaat saat dikonsumsi secara rutin. ]

Berbagai manfaat jus nanas tersebut diketahui dapat memperbaiki hingga menurunkan berbagai risiko penyakit. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat jus nanas bagi kesehatan tubuh tersebut?

Simak penjelasan selengkapnya berikut ini yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Mencegah Asma

Manfaat jus nanas yang pertama adalah dapat mencegah penyakit pernapasan seperti asma akut. Sebab, kandungan beta karoten yang terkandung di dalamnya disebut dapat menurunkan risiko inflamasi pada pernapasan penyebab penyakit asma.

Jus nanas bekerja secara langsung dengan melakukan detoksifikasi di dalam sistem pernapasan. Detoksifikasi merupakan suatu proses pengeluaran racun yang menumpuk sehingga tubuh pun terasa segar dan terbebas dari berbagai macam gangguan kesehatan.

005 destriyana
©2015 Merdeka.com/shutterstock

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain itu, manfaat jus nanas yang berikutnya yakni dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dalam hal ini, nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut dengan bromelain.

Senyawa tersebut secara langsung berfungsi sebagai protease yakni unsur yang memecah molekul protein menjadi peptide dan asam amino.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat jus nanas yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindarkan dari berbagai patogen penyebab penyakit atau gangguan kesehatan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, kandungan bromelain pada jus nanas dapat mengurangi proses inflamasi hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

ilustrasi jus nanas
©factorydetails.com

Menjaga Kesehatan Mental

Dewasa ini, menjaga kesehatan mental merupakan suatu hal yang wajib diperhatikan. Sebab, kesehatan mental secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Jus nanas merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan mental agar terhindarkan dari berbagai gangguan psikis. Kandungan asam amino triptofan merupakan penyebab dari berfungsinya manfaat jus nanas yang satu ini.

4 dari 6 halaman

Meningkatkan Kesuburan

Manfaat jus nanas yang kelima adalah dapat meningkatkan kesuburan dan stamina saat berhubungan intim. Hal tersebut lantaran kandungan seperti vitamin C, vitamin, mineral, dan beta karoten mampu mempengaruhi kesuburan pada pria dan wanita.

Secara langsung, zat antioksidan pada jus nanas juga terbukti dapat meningkatkan aliran darah pada organ genital pria. Hal ini tentu bermanfaat untuk menunjang vitalitas pria saat melakukan hubungan intim bersama pasangan.

ilustrasi pasangan
©Shutterstock

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat jus nanas yang tak kalah penting ialah mampu melawan kanker. Menurut penelitian terbaru, bromelain memiliki beberapa aktivitas antikanker dan meningkatkan kematian sel apoptosis.

Perlu diingat, jus nanas harus dikonsumsi dengan berbagai bahan yang sehat untuk mendapatkan manfaatnya ini. Dengan kata lain, hindari penambahan gula secara berlebihan di dalam jus nanas Anda.

5 dari 6 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain itu, jus nanas juga berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung atau kardiovaskular. Kandungan kalium, serat, vitamin C, tinggi bromelain serta antioksidannya disebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi sebagai salah satu penyebab penyakit kardiovaskular.

Bukan hanya para lansia, penyakit kardiovaskular tersebut kini juga rentan mengancam kesehatan para generasi muda yang tak menerapkan pola hidup sehat. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu memperhatikan kesehatan sembari mengonsumsi jus nanas secara rutin.

sehat
©www.canadianliving.com

Memperkuat Tulang

Mineral mangan yang terkandung di dalam jus nanas juga disebut mampu membantu untuk memperkuat tulang. Manfaat jus nanas ini dapat diperoleh dengan mengonsumsinya secara rutin, sebab dalam satu cangkir jus nanas dapat memenuhi kebutuhan tiga perempat mangan yang diperlukan oleh tubuh setiap hari.

6 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga. Caranya yakni dengan mengambil manfaat jus nanas untuk mengatasi degenerasi sel-sel pada indera penglihatan agar tak terjadi berbagai gangguan yang dapat mempengaruhi kegiatan kita sehari-hari. Rasakan kelezatan dan kesegaran jus nanas setiap hari sembari memperoleh manfaatnya yang baik bagi kesehatan mata Anda.

012 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pexels

Memperkuat Gigi

Rupanya, manfaat jus nanas juga dapat bekerja untuk kesehatan gigi. Hal ini karena jus nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Tak hanya untuk memperkuat gigi, plak kuning pun juga dapat berkurang saat Anda rutin mengonsumsi jus nanas sebagai salah satu asupan Anda sehari-hari.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini