Menjelajah Air Terjun Ketemu Jodoh di Gowa Sulawesi Selatan

Rabu, 28 April 2021 12:00 Reporter : Ibrahim Hasan
Menjelajah Air Terjun Ketemu Jodoh di Gowa Sulawesi Selatan Air Terjun Ketemu Jodoh. ©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Merdeka.com - Ketemu Jodoh, nama yang unik bahkan menarik bagi setiap orang. Ketemu Jodoh menjadi nama yang disematkan pada air terjun di Kabupaten Gowa. Bukan tanpa alasan, Air Terjun Ketemu Jodoh punya mitos sejarahnya sendiri. Air Terjun Ketemu Jodoh tepat berada di Desa Bonto Lerung, Tinggi Moncong, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan. Berada di lereng pegunungan Malino membuat Air Terjun Ketemu Jodoh bernuansa sejuk dan asri.

Tak hanya namanya, keunikan air terjun ini cukup beragam. Para wisatawan akan terpesona dengan dua air terjun yang menyatu. Aliran airnya yang deras menambah kesejukan menikmati Air Terjun Ketemu Jodoh. Vegetasi alam yang hijau menawan menambah kesan eksotis. Pastinya membuatmu betah berlama-lama di Air Terjun Ketemu Jodoh.

Berbagai keunikan pesona Air Terjun Ketemu Jodoh, ternyata mampu menarik hati banyak wisatawan. Wisatawan bahkan mereka rela berhari-hari menikmati kesejukan Air Terjun Ketemu Jodoh.

air terjun ketemu jodoh

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Dipantau dari udara, keelokan Air Terjun Ketemu Jodoh semakin kentara. Ternyata tidak hanya satu air terjun. Air Terjun Ketemu Jodoh terdiri dari dua aliran yang berundak. Kedua alirannya dibatasi dengan sebuah kolam unik. Tidak ada akses menuju kolam atas. Batu dan tebing mengelilingi kolam kecil di lantai dua air terjun ini. Menjadikannya seakan belum pernah dijamah manusia.

Ketinggian kedua aliran air terjun ini sama, yakni menjulang 10 meter. Perkiraan tebing yang dilalui air terjun setinggi 20 meter. Air yang jatuh ditampung sementara pada kolam pertama. Berkelanjutan tanpa henti mengalir dan jatuh menuju kolam ke dua.

air terjun ketemu jodoh

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Meskipun tak bisa menaiki kolam lantai dua, kolam bawah tak kalah menawan. Nampak membulat indah dengan birunya air. Dikelilingi dengan lumut yang menambah kesan alami air terjun. Kamu tak bisa melewatkan kesejukan dan keindahan Air Terjun Ketemu Jodoh. Segera keluarkan kamera dan abadikan momen bahagia di air terjun ini.

Kolam berdiameter kurang lebih 10 meter akan membuat siapa saja tak tahan bermain air. Kesegaran gemuruh air terjun menghasilkan cipratan yang membasahi seluruh kolam. Namun jangan buru-buru menceburkan diri ke kolam.

Kolam bawah Air Terjun Ketemu Jodoh sangat dalam. Bahkan berulang kali memakan korban. Mengantisipasinya, pengelola memberikan pembatas sebagai zona aman. Aliran sungainya cukup deras, namun bisa diredam oleh bebatuan.

air terjun ketemu jodoh

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Banyak orang bertanya-tanya mengapa dinamakan Air Terjun Ketemu Jodoh. Konon, saat ditemukan pada tahun 1982, ada seorang bangsawan bernama Karaeng Bulu Takapala. Dia bertemu dengan pemuda asing yang mengadu nasib kepada alam. Dia berharap karena belum bertemu dengan jodohnya.

Ajaibnya, tiba-tiba ada seorang wanita menghampirinya dari belakang. Hingga kemudian menjadi jodohnya. Sejak saat itu, nama Ketemu Jodoh disematkan pada air terjun ini. Tak jarang, beberapa orang mencoba kebenarannya. Selain menikmati keelokan air terjun, mereka membuktikan mitos yang beredar dengan berharap jodoh segera datang.

air terjun ketemu jodoh

©2021 Merdeka.com/Andi Imran Fajar

Kompleks air terjun ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup mendukung. Mulai dari toilet, tempat parkir hingga penginapan. Jika kamu ingin berlama-lama menikmati kesejukan air terjun bisa bermalam. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 140 hingga 280 untuk menginap. Rentang harga juga menentukan fasilitas yang didapatkan. Harga tiketnya juga sangat terjangkau, hanya dengan Rp 10 ribu kamu bebas menjelajahi Air Terjun Ketemu Jodoh.

Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Ketemu Jodoh dengan menempuh 2.5 jam dari kota Makassar. Lokasinya yang berada di pegunungan mengharuskan berhati-hati dengan jalan yang berkelok. Tentunya semua akan terbayar lunas jika telah bertemu dengan lukisan Tuhan Air Terjun Ketemu Jodoh. [Ibr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Picture First
  3. Gowa
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini