Siap Tinggalkan Android, Huawei Gulirkan HarmonyOS di April 2021

Kamis, 25 Maret 2021 06:58 Reporter : Indra Cahya
Siap Tinggalkan Android, Huawei Gulirkan HarmonyOS di April 2021 OS Harmony Besutan Huawei. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Raksasa teknologi Tiongkok Huawei akhirnya memberi konfirmasi atas diluncurkannya sistem operasi besutan mereka sendiri yakni HarmonyOS.

Dikutip dari Gizmochina via Tekno Liputan6.com, Huawei berencana menggulirkan HarmonyOS ke seluruh perangkat flagship-nya mulai April 2021. Dengan pengumuman ini Huawei disebut perlahan mulai meninggalkan Android.

Salah satu perangkat pertama yang disebut akan menerima HarmonyOS adalah Huawei Mate X2. Namun untuk sekarang, smartphone layar lipat itu masih menjalankan EMUI 11 berbasis Android 10.

Setelahnya, kemungkinan besar HarmonyOS akan hadir di lini P50 yang bakal rilis sebentar lagi. Namun, Huawei memang belum mengungkap secara detail daftar perangkat yang akan mendapat sistem operasi ini.

Kendati demikian, berdasarkan informasi yang beredar sebelumnya, sistem operasi ini kemungkinan akan hadir lebih dulu untuk lini flagship, seperti seri P dan Mate, lalu menyusul lini Nova.

Selain HarmonyOS, Huawei disebut juga akan terus meningkatkan App Gallery. Sekadar informasi, toko aplikasi ini diketahui sudah mencapai jumlah pengguna aktif bulanan 500 juta sepanjang 2020.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar [idc]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Huawei
  3. Smartphone
  4. Android
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini