realme 5 vs Vivo Y17, Siapa yang Lebih Pantas Dibeli?

Senin, 30 September 2019 12:08 Reporter : Fauzan
realme 5 vs Vivo Y17, Siapa yang Lebih Pantas Dibeli? realme 5 vs Vivo Y17. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - realme 5 resmi mendarat di pasaran dengan beragam fitur inovatif yang dibawanya. Selain harga yang terjangkau, realme 5 juga membawa kemampuan kamera yang bisa diandalkan masyarakat Indonesia. Sebut saja keberadaan empat kamera yang bercokol di bagian belakang. Empat kamera di belakang ini realme lebih senang dengan panggilan Quad Camera.

Di sisi lain, Vivo, kompetitor yang sebenarnya berasal dari rumpun yang sama, juga memiliki produk yang tak kalah menarik. Meski kerap meluncurkan produk dengan beragam fitur dan harga banderol tinggi, Vivo mencoba memeluk segmen di bawahnya melalui Y17. Ponsel ini hadir dengan memberikan pengalaman layaknya ponsel di kelas lebih atas Vivo.

Jika berbicara di harga jual, baik realme 5 berhadapan dengan Vivo Y17. Maka mari coba kita adu keduanya, untuk mengetahui siapa yang lebih pantas untuk dibeli.

Desain

Desain realme 5 dan Y17 sama-sama mengusung desain mengilap dengan efek hologram. Hanya saja realme terlihat lebih niat di sini. Hal tersebut terbukti dengan keberadaan motif. Tidak seperti Y17 yang tampil polos tanpa motif, realme 5 dipilih untuk dipasangkan motif layaknya potongan kristal, yang memusat di bagian bawah. Efek seperti ini akan menambah kilau dari bodi jika terkena cahaya. Ada dua warna yang disediakan realme, yakni Biru Kristal dan Ungu Kristal.

realme 5 vs vivo y17
realme 5 vs Vivo Y17 ©2019 Merdeka.com

Di sisi lain, Vivo Y17 mengusung desain yang cenderung sama dengan realme 5, baik dilihat dari sisi depan maupun belakang. Susunannya mirip, hanya saja kamera belakang Y17 hanya ada tiga dan letak LED notifikasinya berada di bawah jajaran kamera. Mengusung warna gradasi di bodi belakang, Y17 tersedia dalam pilihan warna seperti hijau dan pink.

realme 5 memiliki dimensi yang lebih besar ketimbang Y17, ini karena ukuran layarnya yang lebih besar. Keduanya mengusung panel LCD IPS, hanya saja 6,5 inci dipilih realme 5 sedangkan 6,35 inci dipilih oleh Y17.

realme 5 vs vivo y17
realme 5 vs Vivo Y17 ©2019 Merdeka.com

Urusan desain cenderung tergantung dari preferensi, keduanya mampu berikan tampilan yang mewah meski masih berbodi plastik. Kualitas pembuatannya juga baik untuk keduanya, tidak terasa murah atau ringkih.

Prosesor

realme 5 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 665 yang mengadopsi desain arsitektur 11nm. Snapdragon 665 memiliki delapan inti, arsitektur 64-bit dan besaran clock hingga 2.0GHz. Sementara Vivo Y17 menggunakan prosesor Mediatek MT6765 Helio P35 yang dibangun dengan teknologi fabrikasi yang lebih lama, yakni 12 nm. Prosesor ini memiliki besaran clock 2,3GHz.

Dalam penggunaan di dunia nyata, keduanya cukup baik dalam menjalankan tugas dasar seperti media sosial, streaming, browsing, dan lainnya. Namun ketika berurusan dengan membuka aplikasi yang berat, terasa bahwa Snapdragon 665 sedikit lebih unggul. Prosesor di Y17 terasa kalah responsif ketimbang realme 5.

Kamera

Ini dia yang menjadi poin pembanding paling menarik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, realme 5 menggunakan kamera dengan konfigurasi quad di belakang. Terdapat kamera utama 12MP + kamera portrait 2MP + Kamera Makro 2MP + kamera lensa lebar 8MP.

realme 5 vs vivo y17
Hasil Jepretan realme 5 pro ©2019 Merdeka.com

realme menggunakan teknologi sedemikian rupa untuk bisa menghasilkan foto yang terang di lingkungan redup cahaya. Ditambah adanya kehadiran fitur Nightscape. Dengan bantuan AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, mode Nightscape akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup. Lalu untuk memenuhi permintaan pengguna akan efek gambar, warna, dan gaya yang lebih baik, realme 5 ditambahkan dengan mode Chroma Boost.

Di sisi lain, Vivo V17 menggunakan kombinasi kamera triple dengan kamera utama 13MP + kamera portrait 2MP + kamera lensa lebar 8MP. Ya ponsel ini tidak memiliki kamera keempat di realme 5 yaitu kamera makro. Penting tidak penting memang, tapi terkadang kamera utama tidak mampu berikan hasil yang maksimal jika kita berhadapan dengan objek kecil. Dengan fokus kamera yang bisa sedekat 4cm, kamera makro di realme 5 menjadi tambahan yang patut diapresiasi.

realme 5 vs vivo y17
Hasil Jepretan Vivo Y17 ©2019 Merdeka.com

Untuk hasil, keduanya bisa berikan hasil yang tergolong baik di kelasnya. Kami tidak bisa mengatakan yang terlalu berlebih di sini, karena bagaimanapun harga akan berbanding lurus dengan kualitas.

Baterai

Di rentang harganya, realme 5 didukung dengan baterai yang besar, begitupun Y17. realme 5 dan Y17 mengusung baterai berkapasitas tinggi 5.000mAh. Masa pakai baterai yang lebih lama dan prosesor hemat daya memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel ini selama yang mereka butuhkan, sebuah keunggulan bagi keduanya. Tak usah takut akan kehabisan daya di tengah hari. Pastikan pada pagi hari keduanya memiliki baterai penuh, maka pengguna bebas untuk mengecas seharian. Khusus untuk Vivo Y17, tersedia pengisian daya cepat, fitur yang tidak ada di realme 5.

Harga

realme 5 dijual dalam tiga varian di pasaran. Versi paling murah dibanderol seharga Rp 1.899.000 (normal Rp 1.999.000 juta) untuk varian 3GB/32GB, Rp 2.199.000 untuk varian 3GB/64GB, serta 2.699.000 untuk varian 4GB/128GB. Sementara Vivo Y17 hanya tersedia satu pilihan memori di Indonesia yang dihargai sekitar Rp 2.500.000 varian 4GB/128GB.

Kesimpulan

Keduanya bisa memenuhi permintaan pasar akan sebuah ponsel pintar terkini dengan harga jual yang terjangkau. Dari segi desain yang bisa dikatakan sepaham dan fitur-fitur masa kini yang berhasil mereka bawa ke ponsel kelas dua jutaan. Hanya saja, realme 5 terlihat lebih unggul dengan penambahan kamera makro dan jenis prosesor yang lebih andal dalam menangani tugas-tugas. Belum lagi pilihan memori yang sesuai dengan kebutuhan. Baterai yang besar turut menjadi poin yang patut diapresiasi, terutama bagi pengguna yang harus selalu terhubung. Untuk bidang ini, Y17 lebih unggul dengan adanya teknologi pengisian daya cepat.

[hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Realme
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini